Mengenali Penyakit Lupus dan Penyebabnya


Lupus adalah penyakit autoimun kronis dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ sehat lainnya.

Kondisi ini dapat menimbulkan peradangan di berbagai bagian tubuh seperti, ginjal, kulit, sel darah, otak, jantung, paru-paru, persendian, dan lainnya.

Meskipun dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda, apakah penyakit ini dapat mematikan? Simak dibawah ini.

Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti, kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus. Beberapa pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari, penyakit infeksi, atau obat-obatan tertentu.

Lupus dapat menyebabkan peradangan di berbagai organ dan bagian tubuh. Hal ini menyebabkan gejala lupus bisa berbeda pada penderitanya. Meskipun begitu, terdapat sejumlah gejala umum yang bisa terjadi, seperti nyeri dan kaku pada sendi, lelah, ruam kulit, sensitif terhadap sinar matahari, dan penurunan berat badan.

Pengobatan Lupus

Lupus tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang ada sebatas untuk meredakan keluhan, mencegah munculnya gejala, dan menghambat perkembangan penyakit. Metode pengobatannya bisa berupa pemberian obat-obatan, penerapan pola hidup sehat, dan pengelolaan stress dengan cara yang positif.

Lupus juga tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko terkena lupus atau mencegah kambuhnya keluhan dan gejala, seperti dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari pemicu lupus, dan melakukan kontrol kesehatan ke dokter secara berkala.

Perkembangan Pengobatan Lupus Terkini

Beruntungnya saat ini solusi penyakit lupus terus dalam pengembangan. Para peneliti menyatakan bila tingkat kelangsungan hidup untuk pasien Systemic lupus erythematosus (SLE) telah meningkat karena berbagai faktor dan alasan. Beberapa di antaranya adalah karena alasan berikut ini:

  • Perbaikan dalam klasifikasi pasien: Mengetahui klasifikasi tingkat keparahan pasien merupakan hal yang penting, karena dengan klasifikasi yang tepat,  dokter dapat menentukan jenis pengobatan yang sesuai.
  • Diagnosis dini: Salah satu penyebab orang dapat meninggal karena lupus, adalah keterlambatan dalam mengetahui penyakit lupus. Sigap mengatasi gejala awal penyakit lupus, dapat menghindarkan penderitanya dari berbagai risiko komplikasi termasuk hal yang mengancam jiwa.
  • Pengobatan yang lebih agresif: Pengobatan merupakan faktor penting dalam penyembuhan penyakit lupus. Dalam perkembangannya, obat-obatan yang lebih efektif mulai banyak diterapkan. Hal ini menyangkut pada penggunaan obat-obatan seperti agen sitotoksik/imunosupresif dan kortikosteroid dosis tinggi.
  • Kemajuan dalam pengobatan hipertensi, infeksi dan ginjal: Hal ini berpengaruh cukup besar, mengingat banyak penderita lupus yang meninggal dini akibat komplikasi gagal ginjal.

Tak berhenti di situ, dalam proses pengembangan identifikasi penyakit lupus, para ilmuwan terus mengembangkan berbagai cara agar penyakit ini memiliki risiko seminimal mungkin. Seiring dengan kemajuan penelitian, para ilmuwan berharap dapat mengidentifikasi orang-orang yang memiliki potensi terkena lupus melalui studi genetik. Hal ini akan membantu dokter dan pasien untuk mencegah komplikasi yang ada sejak awal, dan hasilnya dapat meningkatkan harapan hidup pasien.

Selain identifikasi risiko sejak dini, para ilmuwan juga berharap dapat menemukan jalur molekuler yang menjadi penyebab lupus, sehingga mereka dapat menentukan jenis terapi baru yang lebih tepat sasaran. Nah, sekarang Anda sudah selesai membaca ulasan tentang penyakit lupus yang dianggap mematikan.

Harapan hidup penderita lupus tergantung pada tingkat keparahan penyakit, respon imun terhadap pengobatan, dan faktor lainnya. Segera dapatkan pengobatan agar terhindar dari akibat yang tidak diinginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Nah, itu lah seputar fakta dan penyebab penyakit lupus yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar