Daftar Penyakit Mematikan yang Patut Diwaspadai Versi WHO

 

Penyakit mematikan sering kali dianggap sebagai penyakit yang berkembang dan sulit untuk diobati. Namun, anggapan tersebut kurang tepat, karena penyakit mematikan merupakan penyakit yang paling banyak menimbulkan kematikan pada penderitanya.

Dilansir dari Healthline, beberapa penyakit paling mematikan di dunia ini sebenarnya sebagian bisa dicegah dengan cara menjaga kebugaran jasmani. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) pada 2019, ada beberapa daftar penyakit mematikan yang patut diwaspadai. Apa saja? langsung sikat ulasan di bawah ini ya.

1. Penyakit Jantung Koroner

Daftar penyakit mematikan versi WHO yang pertama adalah penyakit jantung kononer yang paling ditakuti Rob Clinton Kardinal. Adapun sebab dari penyakit ini adalah terjadinya penyumbatan atau penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah yang memasok darah ke jantung.

2. Stroke

Stroke ketika pembuluh arteri yang tersumbat atau pecah, sehingga bisa memutuskan pasokan darah dan oksigen ke organ tersebut. Jika tidak ditangani secara cepat dan serius, sel-sel otak lambat laun akan mati dan penderitanya akan kehilangan nyawa.

3. HIV/AIDS

Human immunodeficiency virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, hal ini pernah menjadi fakta menarik di negara Arab Saudi. HIV dapat menyebabkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome), yaitu kondisi ketika tubuh tidak mampu lagi melawan infeksi. HIV memang belum bisa disembuhkan. Namun, ada pengobatan yang dapat memperlambat perkembangan virus ini.

4. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan merupakan infeksi pada saluran udara dan paru-paru Anda. Hal ini disebabkan oleh influenza, flu, radang paru-paru, bronchitis dan tuberculosis.

Virus ini biasanya menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan bawah yang juga disebabkan oleh bakteri. Batuk ini menjadi utama infeksi saluran pernapasan bawah, apalagi saat kalah main Raja88 slot. Salah satu tindakan pencegahan terbaik yang dapat Anda lakukan terhadap infeksi saluran pernapasan bawah adalah dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun.

5. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi dalam jangka panjang. Pada penyakit diabetes tipe 1, pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, biasnaya akibat diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri (autoimun).

6. Kanker

Kanker terjadi ketika sel-sel di dalam tubuh mengalami kelainan atau mutasi, sehingga berkembang secara tidak terkendali. Ketika sel-sel kanker sudah menyebar ke berbagai organ tubuh (metastasis), penderitanya dapat mengalami kematian.

Contoh jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian adalah kanker paru-paru, otak, darah, usus besar, dan payudara.

Demikianlah daftar penyakit mematikan yang patut diwaspadai versi WHO. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa membuat Anda lebih menjaga kesehatan.

Tidak ada komentar