Tips Menjaga Kesehatan Otak

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Sifat lupa yang sering kita rasakan merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan otak. Dengan bertambahnya usia perlu melakukan aktivitas yang dapat menjaga kesehatan otak agar, sifat lupa tadi tidak sering terjadi kepada anda. 

Seorang ahli saraf mengatakan bahwa “struktur dan fungsi otak yang berkaitan dengan memori dapat berubah seiring berjalannya usia”. 

Selain daripada itu, seberapa banyak kita menggunakan sel otak juga dapat memicu kurangnya daya ingat otak.Pada umumnya, kita hanya memakai 10% sel dari jumlah keseluruhan sel otak yang kita miliki.

Sel otak tersebut berfungsi sebagai kognitif, berpikir, nalar, serta IQ manusia.Oleh sebab itu, sangat disarankan agar tetap menjaga kesehatan otak anda. Berikut ini akan dijelaskan apa saja yang dapat kita lakukan dalam menjaga kesehatan otak.

Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Dalam Menjaga Kesehatan Otak

Tips Menjaga Kesehatan Otak

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang dapat menjaga kesehatan otak adalah olahraga.Olahraga dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh anda, salah satunya adalah dalam menjaga kesehatan otak.Adapun jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah olahraga aerobik dan fitnes. Olahraga dapat menurunkan tingkat resiko demensia pada orang dewasa.

Lakukanlah kegiatan ini selama 30 menit per hari ,agar dapat meningkatkan kemampuan nalar dan massa otak. Selain daripada itu, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kognitif secara perlahan-lahan.

Mengapa anda menjaga kesehatan otak dengan melakukan olahraga? Ternyata, dengan berolahraga dapat membantu sirkulasi darah lancar, mengurangi stress, memperbaiki mood , serta dapat membuat tidur anda menjadi nyenyak. Oleh karena itu, marilah berolaharga secara rutin untuk menjaga kesehatan otak kita.

2. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat

Sumber kekuatan bagi tubuh berasal dari makanan. Jika makanan yang kita konsumsi tidak sehat, maka bisa dipastikan tubuh kita akan mudah terserang oleh penyakit. 

Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan oleh makanan yang tidak sehat seperti, makanan yang mengandung lemak jahat, makan siap saji, makanan yang memiliki kandungan gula adalah memiliki orang yang kurang sehat sehingga daya ingatan menjadi lemah . 

Oleh karena itu konsumsilah makanan yang mengandung gizi yang tinggi, asam folat, B6, dan B12 yang mencegah penurunan daya ingat anda.Semua hal tersebut, dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tingi yakni, sayur, buah, dan karbohidrat seperti gandum.

3. Melibatkan Diri Dari Kegiatan Sosial

Jarang melakukan kegiatan sosial,menutup diri, tidak berkomunikasi dengan orang lain , tidak membangun koneksi merupakan salah satu pemicu kurangnya daya ingat anda. Lakukanlah interaksi-interaksi dengan teman, saudara, dan rekan kerja ketika anda memiliki waktu luang. Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar juga dapat meningkatkan daya ingat anda, menghindari dari stress, meningkatkan rasa nyaman dan intelektual yang tinggi.

4. Memastikan Istirahat Dan Tidur Cukup

Waktu istirahat yang baik disarankan tidur selama 6 jam per hari bagi orang dewasa. Memiliki waktu istirahat yang cukup dapat menimbulkan rasa bugar bagi tubuh.Selain daripada itu, tidur yang cukup juga mampu memulihkan kondisi tubuh, meningkatkan mood, menghilangkan rasa stress, dan dapat menurunka resiko terkena Alzhaimer.

5. Menghindari Resiko Yang Mengggangu Otak Sehat 

Langkah selanjutnya yang anda lakukan dalam menjaga kesehatan otak adalah menghindari hal-hal yang dapat menurunkan daya ingat anda yakni, hipertensi, overweight, kolestrol tingi dan depresi.

Hal tersebut dapat membantu kesehatan otak karena, dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di otak.Selain daripada itu, merokok juga dapat menggangu kesehatan otak karena, dengan merokok dapat meningkatkan resiko terkena Alzheimer.

Seorang peneliti mengatakan bahwa dengan melakukan diet yang baik, olahraga latihan otak yang rutin, tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan otak saja, melainkan dapat juga menurunkan resiko fungsi kognetif, sehingga membuat otak selalu sehat.

Tidak ada komentar