Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Tulang Keropos

Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Tulang Keropos

Penyakit tulang keropos atau seing disebut osteoporosis merupakan salah sau penyakit yang sangat umum dalam kalangan masyarakat .pada umumnya penyakit ini dapat terjadi pada lansia. namun tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa penyakit ini ternyata dapar menyerang siapa saja tak terkecuali anak muda. 

Penyakit ini terjadi karena adanya kepadatan tulang yang berkurang sehingga menjadi keropos dan rapus. 

Penderita ini dapat menagalami retak tulang atau patah tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang memiliki aktivitas berdiri dan berjalan. 

Terlalu banyak melakukan pergerakan dapat mengakibatkan tulang cepat keropos apalagi anda jarang mengkonsumsi makanan yang memilki manfaat menguatkan tulang atau kalsium. 

Penyebab Tulang Keropos

Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Tulang Keropos

1. Usia

Penyebab utama terjadinya keropos tulang disebabkan oleh usia. Pada umumnya orang yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit keropos adalah yang berusia di atas 50 tahun. Pada lansia mengalami penurunan vitamin D yang diakibatkan mengkonsumsi banyak obat-obatan sehingga terjadi pengeroposan tulang.

2. Hormon Tidak Seimbang

Pada umumnya setiap masusia memiliki perubahan hormon khususnya pada wanita. Wanita yang mengalami menofause merupakan orang yang sangat rentan terkena penyakit keropos tulang.

Penyebab tulang keropos sangat dipicu oleh hormon yang tidak seimbang yakni kurangnya hormon estrogen pada wanita. Wanita yang sudah mengalami menstruasi yang berhenti pastinya merasakan kadar hormon yang menurun kemudian memicu terjadinya pengeroposan tulang

Sementara pada pria hormon yang berkurang disebut hormon testosteron.Dalam tubuh pria fungsi testosteron tersebut adalah sebagai pengawet tulang. 

Maka jika hormon tersebut berkurang dapat menyebabkan tulang keropos selain daripada itu ketidakseimbangan hormon lain juga dapat menyebabkan tulang keropos dan lemah.

3. Kurangnya Nutrisi

Nutrisi merupakan poin penting bagi kesehatan tubuh selain memperkuat otot-otot ditubuh.nutrisi juga dapat menjaga kekuatan tulang salah satu nutrisi yang berfungsi dalam memperkuat tulang adalah kalsium. Jika tubuh anda tidak memiliki asupan kalsium dari tulang maka tulang lama kelamaan akan keropos. Selain daripada itu nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang adalah vitamin D. 

Vitamin D memiliki fungsi sebagai menjaga kesehatan tulang magnesium vitamin ini dapat kita dapatkan dengan cara berjemur di bawah panas matahari pagi.

Oleh karena itu konsumsi lah makanan yang dapat menghasilkan vitamin D jangan sampai anda kekurangan nutrisi agar tulang tetap sehat.

4. Aktivitas Fisik Rendah

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang sering melakukan aktivitas fisik yaitu berolahraga.Melakukan aktivitas yang sedikit dapat memicu terjadinya tulang keropos. Tulang akan semakin lemah dan rentan patah jika kita jarang melakukan aktivitas maka dari itu rutin lah dalam melakukan aktivitas fisik agar tulang tetap kuat.

5. Merokok

Bagi pecandu perokok resiko penyakit tulang keropos akan lebih rentan terkena penyakit keropos tulang dibandingkan orang yang bukan perokok. Para ahli menemukan dengan merokok dapat memberi efek mengerikan kepada sel-sel tulang hingga menghalangi tubuh dalam menyerap ekstrogen, kalsium dan vitamin D.

6. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Pada umumnya masyarakat sangat menggemari minuman keras ini tanpa mereka sadari terlalu banyak minum alkohol dapat meyebabkan tulang menjadi rapuh dan keropos. Terlalu banyak minum alkohol dapat menahan proses pergantian tulang tua menjadi tulang yang baru. Minum alkohol juga menyebabkan hilangnya kalsium.

7. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Terlalu banyak mengonsumsi obat dapat menyebabkan tulang keropos hindari lah penggunaan obat yang mengandung kortikosteroit.

Cara Mencegah Tulang Keropos

Tulang adalah organ keras dan kaku yang mambuat kerangka manusia jika tulang mulai lemah dan keropos sudah dipastikan aktivitas manusia tidak dapat dilakukan. 

Maka dari itu menjaga kesehatan tulang sangat penting cara mencegah tulang keropos yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D.

Adapun makanan tersebut bisa di dapat dari bayam, kedelai, keju dan ikan sedangkan vitamin D dapat kita hasilkan dari sinar matahari di pagi hari. 

Selain daripada itu melakukan gaya hidup sehat juga dapat mencegah tulang keropos. Berhentilah merokok serta batasi konsumsi alkohol.

Segeralah konsultasi kepada dokter jika anda merasa khawatir ketika tulang-tulang anda mulai lemah kemudian jangan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan terlalu banyak jika tidak diperlukan tidak perlu mengkonsumsi obat.

Tidak ada komentar