Penyakit Kutil: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya


Kutil adalah pertumbuhan kulit kecil dan kasar yang paling sering terjadi pada jari atau tangan. Selain kasar saat disentuh, kutil juga sering menampilkan pola titik-titik hitam kecil yang merupakan pembuluh darah kecil yang menggumpal. Kutil disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui sentuhan.

Penyakit kulit membutuhkan waktu dua hingga enam bulan untuk berkembang setelah kulit terpapar virus. Kutil biasa biasanya tidak berbahaya dan akhirnya hilang dengan sendirinya. Dalam artikel ini penulis akan mengulas tentang penyakit kutil, gejala, penyebab dan pengobatannya.Yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Gejala Kutil

Gejala yang timbul pada seseorang dengan gangguan kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, pada beberapa jenis, dapat menimbulkan rasa nyeri, seperti veruka. Selain itu, pengidap juga dapat merasakan gatal dan bahkan berdarah. Ada beberapa jenis kutil yang dapat menyerang, semuanya dapat berbeda-beda dalam ukuran, bentuk, dan lokasi terjadinya. Beberapa gejala umum lainnya yang dapat terlihat, antara lain:

  • Tonjolan di kulit dari ukuran kecil sampai besar.
  • Warna tonjolan dapat bervariasi dari warna kulit, putih, merah muda, maupun kecoklatan.
  • Tonjolan umumnya terasa kasar.

Penyebab dan Faktor Risiko Kutil

Umumnya, kutil disebabkan oleh infeksi virus dan jenis yang paling sering adalah human papilloma virus (HPV). Virus ini memiliki banyak serotipe dengan jumlah lebih dari 100. Dari 100 serotipe tersebut, hanya beberapa yang menyebabkan kutil di bagian tubuh selain kelamin. Beberapa serotipe lain menyebabkan kutil pada kelamin dan sebagian lain dapat membuat kondisi serius, seperti kanker serviks.

Virus ini menyebar dengan cara kontak kulit dan paling sering menginfeksi individu dengan sistem imun yang lemah, seperti anak-anak, lansia, atau seseorang yang mengidap masalah imunokompromais (HIV/AIDS, mengonsumsi kortikosteroid, dan diabetes mellitus).

Pengobatan Kutil

Kutil umumnya dapat hilang tanpa pengobatan, meski perlu waktu yang tidak sebentar. Selain itu, masalah kulit ini baru dapat berkembang di area yang baru tumbuh. Beberapa orang biasanya langsung menemui dokter untuk mendapatkan perawatan karena penanganan di rumah tidak berhasil. Kutil yang menyerang juga dapat mengganggu, menyebar, hingga menyebabkan masalah kecantikan.

Tujuan pengobatan yang paling utama adalah menghancurkan kutil yang tumbuh, serta merangsang respons sistem kekebalan untuk melawan virus yang menyebabkan gangguan tersebut. Perawatan mungkin dapat membutuhkan hitungan waktu hingga bulan. Dengan pengobatan, masalah kulit ini juga cenderung untuk kambuh atau menyebar.

Berikut ini beberapa pengobatan yang umum untuk dilakukan dokter agar dapat mengatasi kutil:

  • Peeling menggunakan asam salisilat yang bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit.
  • Pembekuan atau krioterapi, yaitu aplikasi nitrogen cair di lesi. Terapi ini bekerja dengan cara menimbulkan luka di sekitar lesi dengan harapan jaringan kulit mati akan terkikis dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Terapi ini juga merangsang daya tahan tubuh untuk melawan virus.
  • Asam bikloroasetik juga dapat digunakan sebagai bahan peeling yang lebih kuat. Terapi ini akan menimbulkan rasa terbakar.
  • Kutil juga dapat ditangani dengan terapi laser yang ditujukan untuk merusak pembuluh darah kecil sehingga jaringan yang terinfeksi akan rusak dan mati.

Pencegahan Kutil

Kebanyakan orang yang memiliki risiko gangguan HPV di beberapa area tubuh untuk mengalami kutil. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko masalah kulit ini dan mencegah penyebarannya pada orang lain. Ketahui beberapa cara pencegahannya, antara lain:

  • Hindari kontak dengan kutil (diri sendiri maupun orang lain).
  • Jaga kebersihan tangan.
  • Jaga tubuh agar tidak lembap.
  • Memakai alas kaki di tempat umum.
  • Hindari menggaruk kutil.
Itulah pembahasan tentang penyakit kutil, gejala, penyebab dan pengobatannya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar