Gejala Kencing Batu, Penyebab, dan Cara mengatasi


Kencing batu merupakan penyakit yang ditandai dengan keluarnya batu dari saluran kencing. Batu yang keluar pada umumnya bukan seperti batu biasa, namun massa keras yang terbuat dari mineral di dalam kandung kemih.

Dalam istilah medis, kencing batu sendiri sering disebut dengan batu kandung kemih atau bladder calculi. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini akan menyebabkan infeksi dan komplikasi lainnya. Untuk itu, penting bagi kamu mengenali apa saja gejala, penyebab dan cara mengatasi kencing batu tersebut.

Gejala Kencing Batu

Pada umumnya, batu kandung kemih dapat keluar dari tubuh melalui urin tanpa menimbulkan gejala apapun. Namun, batu yang berukuran besar bisa mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan rasa nyeri yang parah, pendarahan, dan masalah buah air kecil. Kamu juga bisa mencoba resep cara membuat jamur crispy dan membaca fakta buah kastanye.

Gejala Kencing Batu

Berikut ini ada beberapa gejala kencing batu yang perlu kamu waspadai, yaitu:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Urine berwarna gelap
  • Urine berdarah
  • Nyeri di perut bagian bawah
  • Kencing berbau tidak sedap
  • Mual dan muntah
  • Demam, panas dingin, dan berkeringat
  • Merasa ingin buang air terus menerus
  • Keluarnya batu saat buang air kecil

Penyebab Kencing Batu

Batu-batu kencing dapat terbentuk apabila level oxalate, phosphate, asam urat, atau esitin di dalam air kemih sangat tinggi. Namun, batu ini bisa terbentuk walaupun kadar materi diatas memiliki batas normal.

Di beberapa kasus, kencing batu ini terjadi karena si penderita mempunyai kelainan tertentu yang bisa meningkatkan kadar material seperti, oxalate, phosphate, asam urat, atau esitin.

Biasanya, penyakit ini lebih sering menimpa pria dari pada perempuan. Risiko menderita penyakit kencing batu meningkat pada seseorang apabila ada anggota keluarga yang menderita penyakit ini sebelumnya.

Cara Mengatasi Kencing Batu

Pengobatan kencing batu sebagian besar dapat dilakukan tanpa operasi karena 90 persen dari kasus penyakit ini, batu akan keluar sendiri lewat kencing dalam waktu 3-6 minggu. Pada kondisi ini, pengobatan yang diperlukan hanyalah mengobati rasa sakit yang bisa muncul dengan obat pemati rasa.

Cara mempermudah keluarnya batu dari saluran kemih dengan:

  • Minum banyak air putih sebanyak 2 liter sampai 3 liter per hari. Minum banyak air bisa membuat urin kita menjadi lebih jernih dan membersihkan sistem saluran kemih kita.
  • Minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol.

Untuk batu yang berukuran besar atau lebih dari 1 cm, umumnya akan memerlukan tindakan medis. Batu yang sudah menyebakan komplikasi seperti kencing berdarah dan infeksi saluran kemih, juga memerlukan penanganan serupa. Tindakan medis yang biasanya dilakukan yaitu:

  • Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Gelombang ini mampu menghancurkan batu besar menjadi lebih kecil agar bisa dikeluarkan melalui urin.
  • Operasi pengangkatan batu ginjal (percutaneous nephrolithotomy) menggunakan alat khusus yang dimasukkan ke dalam ginjal melalui sayatan kecil pada punggung.

Pada kasus ukuran batu yang lebih besar, dokter mungkin akan menggunakan laser untuk memecahkan batu.

Tidak ada komentar