Penyakit Langka yang Pernah Terjadi

 


Ketika berbicara tentang penyakit, mungkin yang terdengar familiar di telinga kita adalah seperti flu yang pernah dialami Kenny Austin, demam, atau kanker. Namun, di dunia ini ada daftar penyakit yang langka dan tidak pernah kita dengar.

Parahnya lagi, mayoritas penyakit ini tidak memiliki pilihan pengobatan untuk disembuhkan dan membuat bingung para dokter di seluruh dunia. Nah, berikut ini kami akan memberikan ulasan tentang daftar penyakit langka yang pernah terjadi di dunia. Apa saja? langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Penyakit Langka

Penyakit langka merupakan kondisi gangguan kesehatan yang jarang terjadi dan hanya dialami oleh pengidap tertentu. Melansir dari U.S National Organization for Rare Disease, terdapat 7000 penyakit langka di dunia, di antaranya adalah:

1. Persistent Genital Arousal Disorder

Penyakit langka pertama bernama Persistent Genital Arousal Disorder. Penyakit ini banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita. Gejala yang ditimbulkan pada pria seperti mengalami ejakulasi tanpa adanya rangsangan seksual.

Sedangkan pada wanita, pengidap akan mengalami gairah seksual yang cukup tinggi. Gairah tersebut muncul meskipun pengidap telah mengalami orgasme. Kondisi itu dikaitkan dengan adanya gangguan saraf pudendus, penggunaan obat-obatan tertentu, masalah psikologis, hingga gangguan hormonal.

2. Sindrom Gottron

Sindrom Gottron merupakan penyakit langka berikutnya yang ditandai dengan munculnya gejala penuaan diri pada pengidapnya, penyakit ini sangat ditakuti Jesse Choi. Gejala ini biasanya ditimbulkan dengan kondisi kulit yang rapuh dan tipis pada bagian tangan serta kaki.

3. Harlequin Ichthyosis

Penyakit langka berikutnya adalah menyerang bagian kulit. Pengidap Harlequin Ichtyosis akan memiliki kulit yang kering, menebal di beberapa bagian dan bersisik.

Hal tersebut terjadi karena adanya genetic dalam tubuh yang mengakibatkan produksi protein tidak berjalan dengan baik, alhasil, kulit pada beberapa bagian tubuh menjadi kering dan menebal.

Kondisi ini sudah dapat dikenali saat bayi dilahirkan. Selain kulit yang kering dan bersisik, ada beberapa tanda lain yang berkaitan dengan penyakit ini, seperti kelopak mata yang terlihat keluar, suhu tubuh rendah, serta ukuran tangan dan kaki yang terlihat kecil.

4. Xeroderma Pigmentosum

Penyakit yang disebabkan oleh Xeroderma Pigmentosum adalah membuat pengidapnya sangat sensitive terhadap paparan sinar matahari, gejala ini dialami sejak pengidapnya baru lahir. Penykit ini pernah ditemukan di Negara Turkeminstan.

Ada beberapa faktor yang patut diwaspadai oleh penderima Xeroderma Pigmentosum, seperti muncul bintik-bintik pada bagian tubuh yang terpapar matahari, kulit terbakar yang cukup parah, kulit penuh dnegan jaringan parut, hingga terlihat gurat-gurat pembuluh darah kecil.

5. Progeria

Gejala penuaan yang terjadi para penderita progeria terjadi pada usia paruh baya yang menerima pelajaran istidraj adalah. Namun, bagia anak-anak yang mengidap atau Hutchinson-Girlford Progeria Syndrome 3, penampilan fisik mereka bahkan sudah tampak seperti lansia berumur 80 tahun meskipun sebenarnya mereka menginjak dua tahun.

6. Riley-Day Syndrome: Manusa Super Kebal Rasa Sakit

Riley-Day Syndrome dikebal dengan nama Familian dysautonomia atau hereditary sensory neurpathy type 1 (HS). Kondisi ini merupakan mutasi genetik turunan langka yang mempengaruhi sistem saraf otonom penghubung otak dan sumsum tulang belakang.

7. Hypertrichosis: Manusia Serigala

Penyakit langka berikutnya adalah Hypertrichosis dikenal sebagai cognital hypertrichosis lanuginose. Penyakit ini terjadi karena kondisi bawaan mereka yang memiliki pertumbuhan rambut terlalu cepat dan banyak terjadi akibat mutasi genetik pantai slot, sehingga rambut tersebut bsia menutupi tubuh, termasuk wajahnya.

Itulah sederet penyakit langka yang pernah terjadi di dunia. Semoga jenis penyakit tersebut bisa kita hindari.

Tidak ada komentar