Tips Mengatasi FLU Agar Tak Bertambah Parah

Tips Mengatasi FLU Agar Tak Bertambah Parah

Siapa sih yang tak pernah terserang penyakit flu? Semua orang pasti pernah terkena penyakit yang satu ini, baik itu anak-anak, remaja, hingga usia dewasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa flu merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu atau influenza ini sangat umum terjadi di musim pancaroba seperti saat ini. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3–4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Walaupun flu menjadi sebuah penyakit umum yang biasa, tapi kamu tak boleh memandang remeh penyakit ini dan malah membiarkannya seperti itu saja.

Jika dibiarkan begitu saja tentu akan sangat mengganggu dan meresahkan. Oleh karenanya, diperlukan tindakan yang secepatnya untuk mencegahnya menjadi lebih parah.

Gejala yang ditimbulkan saat flu memang cenderung tak jauh berbeda dengan ketika kamu pilek, namun perlu kamu ketahui bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda.

Flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek disebabkan oleh virus yang berbeda seperti rhinovirus, parainfluenza, dan coronavirus musiman. Meskipun keduanya memiliki gejala yang mirip, namun flu dapat lebih buruk daripada pilek dan gejalanya lebih intens serta muncul secara tiba-tiba.

Lantas bagaimana sih cara mengatasi flu agar tidak menjadi semakin parah? Penasaran bagaimana? Tuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Tips Mengatasi FLU Agar Tak Bertambah Parah

1. Minum banyak cairan

Tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, termasuk  melawan infeksi. Dehidrasi dapat memperburuk gejala flu. Kebutuhan cairan dipenuhi tidak hanya dengan air minum, tetapi juga dengan makan sup,  kaldu atau buah segar. Sobat mendapat cairan dari segala sesuatu kecuali alkohol dan minuman tinggi gula. Terlepas dari itu, air putih tetap menjadi pilihan  terbaik.

2. Tidur yang cukup

Tidur adalah bagian penting dari pemulihan  tubuh. Jika Anda mulai merasakan gejala flu seperti bersin, pilek atau mata berair, pastikan tubuh Anda cukup tidur. Ini  memberi sistem kekebalan  kesempatan untuk melawan infeksi. Diperkirakan orang yang kurang tidur memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena flu  dibandingkan  orang yang tidur lebih dari 7 jam semalam. Maka cara mengobati pilek baru  adalah dengan cukup istirahat dan tidur  setiap malam.

3. Kelola stress

Stres dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap pilek. Selain itu, saat stres, kadar hormon kortisol meningkat dalam tubuh  dan ini membuat sistem kekebalan tubuh lebih rentan. Oleh karena itu, ketika sedang pilek, sebaiknya kurangi stres dan lakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh  rileks. Beberapa aktivitas yang dapat membantu antara lain  pernapasan dalam, meditasi, olahraga, mandi air hangat sebelum tidur, atau mendengarkan musik.

4. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan lendir, mengurangi peradangan dan meredakan iritasi di  bagian belakang tenggorokan. Ini juga dapat membantu membersihkan bakteri dan virus, oleh karena itu dianggap efektif dalam mengobati pilek yang baru saja dimulai. Anda dapat meredakan gejala pilek, seperti tenggorokan gatal, dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan  berkumur selama 30 detik.

5. Konsumsi makanan yang sehat

Makan juga memainkan peran penting dalam mencegah flu kambuh. Makan makanan yang sehat, seimbang dan bervariasi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat dan melawan infeksi dengan lebih efektif.

7. Minum madu

Madu telah lama dipercaya bisa membantu meredakan berbagai penyakit. Klaim ini juga terbukti secara ilmiah karena cairan manis ini menunjukkan kemampuannya dalam meredakan beberapa gejala flu dengan cara:

  • Mengurangi keparahan dan frekuensi batuk pada anak-anak
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Menciptakan lapisan tipis di atas selaput lendir yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan peradangan.
  • Sobat sehat bisa mengonsumsinya secara langsung 1-2 sendok setiap hari atau melarutkannya ke dalam air hangat untuk menggantikan permen pelega tenggorokan.

8. Minum obat yang dijual bebas

Ketika gejala flu baru mulai, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan obat flu yang dijual bebas. Obat-obatan ini dapat membantu meredakan berbagai gejala, seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau batuk. Yang terbaik adalah minum obat segera setelah gejala flu mulai muncul. Kita bisa mulai dengan antihistamin, dekongestan dan menggunakan parasetamol untuk nyeri. Selalu ingat untuk membaca aturan penggunaan yang tercantum di tabel deskripsi.

Tidak ada komentar