Wapada Penyebab Munculnya Penyakit Gondok

Wapada Penyebab Munculnya Penyakit Gondok

Salah satu penyakit yang sering terjadi di indonesia adalah penyakit goiter atau sering disebut gondok. 

Pada umumnya penyakit gondok tidak menimbulkan gejala saat dia masih kecil namun jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang berbahaya bagi penderitanya. 

Penyakit ini ditandai oleh adanya pembengkakan atau benjolan di sekitar leher yang diakibatkan kelenjar tiroid yang membesar.

Gejala yang dialami oleh penderita biasanya berbeda-beda yakni dimulai dengan adanyanya kadar hormon tiroid dalam tubuh yang meningkat. 

Sampai saat ini metode penyembuhannya masih tergantung dengan gejala awal yang dirasakan oleh penderita.

Penyebab Gondok 

Wapada Penyebab Munculnya Penyakit Gondok

1. Kekurangan Yodium 

Zat yodium merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh yakni untuk menjaga kadar hormon. 

Tubuh yang kekurangan zat yodium akan rentan terkena penyakit salah satunya penyakit gondok .maka dari itu mari kita pastikan tubuh kita menerima asupan yodium yang cukup setiap harinya. 

Yodium sangat dibutuhkan sebagai memproduksi hormon tiroid .tubuh yang mengandung hormon yang baik akan mengendalikan metabolisme dan berbagai fungsi lainnya. 

Kekurangan yodium pada umumnya bisa terjadi karena melakukan diet tinggi terhadap makan yang menghambat hormon yakni, kubis, kembang kol dan brokoli.

2. Penyakit graves 

Penyakit graves adalah penyakit yang terjadi karena kelenjar tiroid memproduksi hormon yang terlalu banyak.jika dibiarkan begitu saja maka sipenderita akan menimbulkan penyakit yang serius yakni gangguan pada jantung, siklus menstruasi yang tidak teratur dan juga bisa menyebabkan adanya pembengkakan di bawah leher. Penyakit ini biasanya menyerang wanita yang berusia kurang dari 40 tahun.

3. Penyakit Hasimotho 

Salah satu penyebab gondok dapat disebabkan oleh tiroid yang kurang aktif sehingga dapat merusak tiroid yang ada di dalam tubuh. Penyakit ini adalah kebalikan dari penyakit graves dimana tiroid lebih banyak menghasilkan hormon. 

Penyakit ini sering disebut dengan kelainan autonium .dimana penyakit ini merasakan tingkat hormon yang rendah untung merangsang tiroid sehingga memicu kelenjar membesar .

4. Kondisi Gondok Multinodular

Penyakit gondok memang sangat menganggu penderitanya karena adanya benjolan yang besar di area bawah leher. 

Seorang yang mengalami banyak benjolan yang berisi cairan (nodul) kemudian berkembang dikedua sisi tiroid penderita  disebut orang sebagai gondok multinodular. Pada umumnya penyakit ini tidak terlalu menimbulkan gejala apaun saat pemeriksaan.

5. Kondisi Nodul Tiroid 

Dalam kondisi ini benjolan yang berisi cairan kemudian berkembang di bagian kelenjar tiroid si penderita. 

Benjolan penyakit ini pada umumnya terasa keras dan padat jika lembek akan berbentuk cairan .penyakit ini menyerang semua kalangan baik wanita maupun pria. Namun demikian penyakit ini tidak bersifat kanker jinak yang mengakibatkan kanker.

6. Kanker Tiroid

Kanker tiroid merupakan penyakit yang tmenyerang kelenjar tiroid.Penyakit ini sangat jarang terjadi dibandingkan dengan kanker organ lainnya. 

Pada umumnya kanker tiroid tidak menunjukan gejala yang khas ,namun demikian jika ukuran penyakit ini semakin membesar akan mengganggu sipenderita karena kesulitan menelan.

7. Kehamilan 

Pada ibu hamil memiliki hormon yang kurang stabil.Hormon yang diproduksi selama kehamilan yang berlebihan akn menyebabkan kelenjar tiroid wanita sedikit membesar.Maka dari itu sangat disarankan kepada ibu hamil agar mengkonsumsi makan yang bisa menjaga kestabilan hormon.

8. Peradangan 

Tubuh yang lemah pastinya rentan mengalami peradangan terutama seorang wanita yang baru saja melahirkan dan terkena virus.Kondisi peradangan yang sering membuat sipenderita merasakan rasa nyeri dan adanya pembengkakan pada tiroid disebut tiroiditis.penyakit ini juga dapat menyebabkan tubuh kita terlalu banyak maupun terlalu sedikit tiroksin.

9. Paparan Radiasi 

Istilah radiasi tidaklah asing bagi kita karena dianggap berbahaya jika kita menggunakan terlalu berlebih .Jika tubuh kita terlalu sering terkena paparan radiasi maka dapat memicu terkena penyakit gondok.

Jika kalian sedang mengalami gejala-gejala penyebab gondok di atas ,segeralah berkonsultasi dengan dokter dilingkungan anda. Sebelum penyakit gondok tersebut membahayakan keselamatan kita . 

Tidak ada komentar