Begini Cara Mengatasi Penyakit Eksim Pada Bayi

Begini Cara Mengatasi Penyakit Eksim Pada Bayi

Penyakit Eksim merupakan salah satu penyakit yang ada di Indonesia.Penyakit ini menyerang banyak kalangan khususnya terjadi pada bayi. 

Penyakit eksim dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit bayi yang menyebabkan bayi akan menjadi rewel. 

Walaupun terlihat sepele namun penyakit ini bisa menjadi penyakit yang serius jika kita tidak melakukan penanganan yang tepat di waktu yang tepat.

Penyakit eksim ditandai dengan gejala-gejala awalpada bayi yang berusia 3-6 bulan. Tetapi tidak sedikit kasus terjadinya penyakit eksim baru muncul di usia bayi 2 tahun. 

Penyakit ini pada umumnya merupakan menyakit yang turun –menurun .jika orang tuanya memiliki penyakit eksim tidak menutup kemungkina si bayi juga akan terkena penyakit eksim.

Selain mengalami gejala gatal, eksim juga ditandai dengan adanya kulit terlalu kering, ruam merah pada kulit dan kulit menjadi pecah. 

Rasa gatal yang sangat luar biasa membuat kita ingin menggaruknya ,namun jika kita menggaruk terlalu keras  penyakit ini akan mengalami luka dan berdarah. 

Area tubuh bayi yang biasa terkena oleh eksim yakni terjadi pada lipatan-lipatan tubuh seperti lipatan siku, lutut dan leher. Akan tetapi penyakit ini dapat menyebar luas keseluruh tubuh jik kita tidak cepat malakukan penanganan.

Orang tua pastinya akan khawatir jika bayinya terkena penyakit Ekstrim karena penyakit ini akan hilang seiring bertambahnya usia bayi tetapi sewaktu-waktu akan kambuh kembali. namun demikian ada beberapa cara mengatasi penyakit ekstrim atau rasa gatal pada bayi.

Cara Mengatasi Penyakit Eksim Pada Bayi

Begini Cara Mengatasi Penyakit Eksim Pada Bayi

1.Mandi dengan Air Hangat

Langkah pertama yang ibu lakukanadalah memandikan bayinya dengan menggunakan air hangat. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan di dalam rumah. 

Air hangat yang diperlukan memilki suhu sekitar 36-37 derajat celsius. Mandikanlah bayi anda selama 10-15 menit. Jangan terlalu lama dalam memandikan karena dapat menyebabkan kulit bayi semakin kering.

Dalam memandikan bayi ada beberpa hal penting yang harus kita lakukan yakni pemilihan sabun. Gunakanlah sabun bayi yang berbahan lembut dan tidk mengandung bahan pewangi karena kulit bayi masih sangat sensitif.

2. Gunakan Pelembab 

Pelembab yang ibu gunakan adalah pelembab yang sudah diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang menggunakan bahan-bahan alami .setelah ibu sudah selesai memandikan bayinya gunakan pelembab untuk melembabkan kulit bayi yang terlalu kering. 

Karna kulit yang kering dapat memicu rasa gatal pada kulit bayi. Selain memakai pelembab sebaiknya gunakanlah pakaian bayi yang berbahan dasar katun untuk menyerap keringat.

3. Hindari Pemicu faktor Penyebab Eksim 

Salah satu pemicu penyebab eksim adalah penggunaan sabun yang tidak cocok pada kulit bayi.dalam pemilihan produk-produk bayi ibu diwajibkan untuk jeli dalam memilih karena bayi memiliki kulit yang sensitive.

Keringat yang berlebih atau reaksi alergi yang disebabkan sabun yang tidak cocok pada kulit bayi akan mengakibatkan penyakit ekstrim kambuh. 

Ada baiknya bagi para ibu untuk berkonsultasi kepada dokter dalam memilih sabun yang cocok untuk kulit bayinya.

Dalam pencegahan penyakit eksim menyebar usahakanlah kulit bayi agar tetap lembab ,dan sibayi tidak mengalami kepanasan agar tidak berkeringan secara berlebihan.

4. Jaga agar Eksim tidak Digaruk

Rasa gatal yang dialami oleh baik memicu bayi untuk menggaruknya. Namun hal itu harus dihindari agar luka tidak iritasi dan bertambah parah .langkah yang harus ibu lakukan adalah menggunting kuku bayi agar ketika bayi menggaguruk tidak menimbulkan luka. Bila perlu bayi kita pakaikan sarung tangan untuk mencegahnya menggaruk.

Rutinlah konsultasi ke dokter ketika penyakit eksim semakin parah.Jangan bertindak gegabah tanpa adanya panduan dari dokter. Begitulah penjelasan cara penanganan penyakit eksim pada bayi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar