Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

Sakit merupakan suatu hal yang normal yang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari orang tua, dewasa, hingga anak-anak juga dapat terserang oleh sebuah penyakit.

Bayi misalnya, sakit pada anak memang dianggap sangat wajar mengingat sistem imun mereka memang belum dapat bekerja dengan sempurna.

Hal ini tentu menyebabkan bayi cenderung gampang untuk terinfeksi oleh virus dan juga bakteri. Lantas, penyakit apa saja sebenarnya yang sering diderita oleh bayi? Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

1. Diare

Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

Jenis penyakit pertama yang sering diderita oleh bayi adalah Diare. Bayi dapat didedifikasi terkena penyakit diare ketika sudah melakukan BAB (Buang Air Besar) sebanyak 3 kali dalam sehari dan kotoran yang keluar juga tergolong encer.

Penyebab terjadinya diare pada bayi adalah karena terinfeksi saluran pencernaan, keracunan atau alergi makanan, infeksi parasit, hingga penyakit iritasi usus.

Untuk itu, ketika bayi terkena diare ada baiknya jila kalian tetap memberikan anak banyak makanan dan minuman, terlebih cairan yang banyak mengandung garam dan elektrolit (oralit).

2. Demam

Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

Selain diare, penyakit lainnya yang juga sering diderita oleh anak adalah demam. Pada dasarnya demam merupakan salah satu bentuk respon alami tubuh terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh Si Kecil.

Misalnya saja, ketika si kecil sedang dalam masa pertumbuhan gigi, bayi akan mengalami penaikan suhu tubuh hingga mencapai 37,5 derajat celsius.

Nah, ketika si bayi sedang mengalami demam, anak baiknya jika kalian mengompres anak dengan air hangat, memberikan asupan makanan dan minuman yang banyak, menutupi seluruh tubuhnya (misalnya dengan selimut), dan memandikannya dengan air hangat.

Namun, sesuai dengan anjuran dokter, ketika panas anak sudah mencapai angka 38 derajat Celsius, ada baiknya jika kalian memberikan obat penurun panas saja.

3. Radang Tenggorokan

Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

Penyakit berikutnya yang juga umum diderita oleh bayi adalah radang tenggorokan. Nah, ketika bayi sedang mengidap penyakit yang satu ini, bayi akan cenderung mengalami kesulitan untuk menelan, sehingga ia akan rewel saat makan.

Adapun gejala lainnya yang  akan timbul ketika anak sedang mengidap penyakit radang ternggorokan adalah tenggorokan terasa kering dan gatal, sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, minum banyak air, dan berkumur air garam adalah cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu mengurangi gejala radang tenggorokan pada  Si Kecil.

4. Eksim

Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

Tak hanya radang tenggorokan saja, eksim juga menjadi salah satu penyakit yang sering diderita oleh bayi nih.

Pada dasarnya eksim merupakan sebuah kelainan yang sering terjadi pada kulit bayi, yang ditandai dengan terjadinya peradangan atau pembengkakan pada area kulit. Timbulnya eksim pada kulit akan menimbulkan sensasi gatal.

5. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Jenis Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Bayi

Penyakit berikutnya yang sering diderita oleh bayi adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Pada dasarnya ISPA merupakan subuah infeksi yang sering terjadi pada saluran pernapasan yang menyerang bagian atas, seperti hidung, tenggorokan, faring, laring, dan bronkus.

Adapun gejala yang akan ditimbulkan pada tubuh bayi ketika terkena penyakit yang satu ini adalah hidung tersumbat (sering mengeluarkan ingus), bersin, batuk, demam, sakit kepala, kelelahan, dan sakit saat menelan.

Adapun penanganan yang bisa kalian lakukan ketika bayi terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah dengan memberikan si kecil banyak minum, menjaga kelembaban ruangan dalam rumah, mengoleskan petroleum jelly di bagian luar hidungnya, serta menjauhkan dari asap rokok atau hal lain yang bisa memicu ISPA.

Tidak ada komentar