Gejala Dan Penyebab Penyakit Tumor

Gejala Dan Penyebab Penyakit Tumor

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit tumor.Tumor adalah benjolan yang tidak wajar yang tumbuh di permukaan tubuh sehingga kita dapat melihat dengan merabanya.Ada beberapa penyakit tumor yang sering terjadi pada banyak orang seperti, tumor di payudara, kulit kelenjar gondok, dan jaringan lunak lainnya.Namun, ada beberapa penyakit tumor yang tidak bisa dilihat atau diraba seperti, tumor di usus, dirahim, ginjal , otak dan lainnya.

Penyakit tumor ini, pada umumnya terbagi atas dua jenis yakni, tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak merupakan penyakit yang tidak akan menyebar pada bagian tubuh lainnya karena, tumor akan berkembang di satu titik tempat awal tumbuhnya tumor tersebut. 

Pada umumnnya, tumor jinak ini dapat ditangani dengan melakukan operasi pengangkatan dan tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat.  Sedangkan, tumor ganas merupakan penyakit  yang dapat menyerang jaringan tubuh sekitarnya, dan dapat masuk kepembuluh darah. Tumor ganas ini, akan kembali tumbuh walaupun sudah dilakukakan operasi pengangkatan. Lantas apakah penyebab dari penyakit tumor ?

Penyebab Tumor

Gejala Dan Penyebab Penyakit Tumor

Pada umumnya penyakit tumor terjadi karena, adanya pertumbuhan  sel secara berlebihan di dalam tubuh. Sehingga, menyebabkan munculnya benjolan pada tubuh.Namun demikian, penyebab tumor juga terjadi karena berbagai faktor pemicu yang menyerang bagian tubuh tertentu. 

1. Faktor Genetik 

Salah satu penyebab utama tumor adalah faktor genetik. Dalam semua penyakit , faktor genetik merupakan pemicu dari penyakit tersebut. Jika salah satu dari keluarga anda pengidap penyakit tumor tidak menutup kemungkinan anda juga akan terkena penyakit tumor. Konsultasilah segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dini.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Sistem kekebalan tubuh memiliki peran peran penting untuk menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit.Salah satu penyebab tumor adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pada umumnya, gangguan kekebalan tubuh melemah karena beragam faktor yakni, efek samping obat, dan gaya hidup yang tidak sehat.

3. Konsumsi Alkohol Yang Berlebihan

Tanpa disadari bagi pencinta alkohol , mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu penyakit tumor. Bukan hanya penyakit tumor tetapi, tubuh juga dapat terserang oleh  penyakit-penyakit lainnya. Kondisi tersebut terjadi karena, didalam alkohol mengandung zat yang dapat merusak tubuh seperti kerusakan jantung, infeksi paru-paru, kerusakan otak ,serta memicu pertumbuhan tumor.

4. Paparan Sinar Matahari Berlebih 

Sinar matahari pada umumnya memiliki manfaat yang bagus untuh tubuh. Namun, jika tubuh anda terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari akan memicu pertumbuhan tumor. Sebab, jika tubuh terlalu lama terpapar sinar matahari akan terkena kanker kulit yang ditandai oleh gejara benjolan, bercak, ataupun tumbuhnya tahi lalat.

5. Merokok

Merokok yang dilakukan secara berlebihan akan memiliki dampak yang negatif pada kesehatan tubuh. Tubuh akan mudah terserang oleh penyakit. Salah satu penyakit yang dapat ditumbulkan oleh merokok secara berlebihan adalah pertumbuhan tumor. Sebab, rokok mengandung zat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh sehingga memicu penyakit , kanker mulut, infeksi paru-paru,  gangguan jantung serta memicu pertumbuhan kanker yang cepat.

6. Bahan Kimia

Penyebab penyakit tumor selanjutnya adalah bahan kimia. Bahan kimia yang dapat memicu pertumbuhan tumor adalah bahan kimia yang mengandung benzene , arsen ataupun asbes. Bahan kimia tersebut mengandung zat yang dapat memicu kanker yang ditandai dengan pertumbuhan tumor ganas.

7. Efek Samping Obat

Mengonsumsi obat secara berlebihan dapat memicu pertumbuhan tumor.Menggunakan jenis obat-obatan yang mengandung imunosupresif dapat mengganggu kekebalan tubuh.

Gejala Tumor

Gejala Dan Penyebab Penyakit Tumor

Tumor memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung dari lokasi pertumbuhan tumor pada tubuh.Jika, tumor tumbuh pada otak atau sering disebut kanker otak maka, gelaja yang dialami adalah sering mengalami sakit kepala, muntah-muntah, bahkan mengalami kejang-kejang.Kemudian, gejala yang dirasakan jika terkena kanker paru-paru adalah batuk yang parah hingga akhirnya menjadi batuk darah, sesak napas, nyeri dada serta kelelahan.
Namun demikian, secara umum gejala pengidap tumor adalah sebagai berikut , seperti yang dilansir di dalam halodoc.com:
  • Sering sekali merasa tidak sehat.
  • Rasa lelah yang ekstrem.
  • Demam dan menggigil.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkeringat pada malam hari

Cara Mencegah Tumor

Gejala Dan Penyebab Penyakit Tumor

Banyak diantara kita yang tidak mengetahui cara pencegahan agar tumor tidak tumbuh pada tubuh. Sebaiknya lakukanlah langkah-langkah yang disarankan dalam pencegahan tumor. Adapun hal yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Tinggalkanlah kebiasaan merokok.
  • Jangan mengosumsi minuman yang beralkohol.
  • Pastikanlah menerepkan pola makan yang sehat agar tubuh anda tetap seimbang.
  • Lakukanlah aktivitas olahraga untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Lakukanlah vaksinasi untuk penyakit yang rentan memicu kanker seperti, hepatitis B, infeksi HPV, dan bakteri Helicobcterpylori.
  • Tidak melakukan seks bebas dan,
  • Hindarilah penggunaan narkoba.
  • Lakukanlah pemeriksaan berkala kepada dokter untuk memeriksa kesehatan tubuh anda.Jika penyakit tumor tersebut anda dapatkan dari faktor genetik.

Tidak ada komentar