Jenis Penyakit Mental Yang Perlu Diwaspadai

Jenis Penyakit Mental Yang Perlu Diwaspadai

Dalam menjaga kesehatan tidak cukup hanya menjaga kesehatan tubuh saja , kesehatan mental juga perlu untuk kita jaga. Penyanyit mental merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh suasana hati, pikiran, dan perilaku.Jika anda, memiliki masalah serius sebaiknya jangan menyimpan sendiri terlalu berlarut-larut karena dapat menimbulkan kesehatan mental yang buruk.

Penyakit mental ini dapat membuat hari-hari si penderita menjadi buruk, karena orang tersebut pastinya menjalani hari mereka secara tidak normal. Penyakit mental terbagi atas beberapa jenis yang  dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan. 

Pada umumnya, penyakit mental yang sering terjadi adalah depresi.Ketika anda merasa depresi gejala yang anda rasakan adalah sering mengalami delusi, halusinasi, suasana hati dapat berubah-ubah, perasaan sedih yang telalu lama, serta merasakan cemas secara berlebihan.

Jenis Penyakit Mental Yang Perlu Diwaspadai

Jenis Penyakit Mental Yang Perlu Diwaspadai

1. Gangguan Bipolar

Salah satu penyakit mental yang sering dialami oleh sipenderita adalah gangguan bipolar. Ketika penderita mengidap gangguan bipolar, ia akan merasakan perupahan suasana hati, energi, dan menurunnya kemampuan otak dalam berpikir.
 
Selain itu, penderita juga dapat merasakan suasana hati yang tiba-tiba meledak, dan tidak lama kemudian juga akan menurun. Jika anda sedang mengalami gelaja tersebut, lakukanlah pemeriksaan di fasilitas kesehatan untuk melakukan penanganan yang tepat.

2. Gangguan Kecemasan Umum

Gejala yang dialami penderita gangguan kecemaaan ini, pada umumnya adalah merasakan kecemasan yang berlebihan terhadap sebuah masalah atau kejadian.Menurut para ahli kesehatan, penderita gangguan kecemasan biasa terlalu mengkhawatirkan suatu hal dalam waktu yang sering.

Padahal, kecemasan tersebut merupakan hal yang tidak penting untuk dicemaskan.Biasanya si penderita tidak dapat menceritakan apa yang dia cemaskan kepada orang lain. Kondisi tersebut akan menjadi buruk jika, si penderita tidak dapat meredakan kecemasannya. 

3. Gangguan Depresi Mayor

Sebagai umat manusia kita selalu merasakan hal-hal yang membuat kita sedih bahkan juga dapat membuat kita depresi. Perasaan sedih tersebut biasanya kita rasakan selama kuang lebih satu hari kemudian, perasaan sedih itu akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika rasa sedih itu berlarut-larut dalam waktu yang lama maka kondisi tersebut dapat dikatakan gangguan depresi mayor.Sebab, kondisi ini dapat membuat si penderita tidak nafsu makan, kurang tidur dikarenakan gelisah yang tidak tau apa penyebabnya, serta dapat mempengaruhi suasan hati dan perilakunya. Penanganan yang biasa dilakukan oleh penderita gangguan depresi mayor adalah mencari bantuan medis untuk belajar mengatasi masalah ini dengan sendiri.

4. OCD

Ocd atau sering disebut obsessive-compulsive disorder  merupakan salah satu gangguan mental yang membuat penderita melakukan suatu hal secara berlebihan. Pengidap OCD biasanya mempunyai pemikiran dan dorongan yang tidak bisa untuk dikontrol karena sifatnya terlalu obsesi tentang suatu hal sehingga, munculnya perilaku paksaan yang kompulsif.Penyakit ini dapat terjadi disemua kalangan baik terjadi pada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Namun demikian,gangguan mental ini rentan dialami oleh laki-laki dibanding dengan wanita. 

Pada umumnya, gangguan mental ini membuat si penderita tidak dapat mengendalikan pemikiran dan perilakunya padahal, penderita tidak memiliki pemikiran untuk melakukan hal tersebut. Namun, ia tidak berdaya untuk menghentikan apa yang ada dipemikirannya. Karena, OCD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan sipenderita. Penderita akan melakukan keinginan yang ada dipikirannya tersebut secara berulang-ulang kali agar, pikirannya lebih tenang dan aman. 

Begitulah penjelasan dari jenis- jenis penyakit mental.Maka dari itu, marilah kita menjalin sosialasi dengan keluarga, dan teman kerja agar, ketika kita mendapatkan masalah yang besar kita bisa menceritakan hal tersebut kepada mereka.Untuk menghindari anda terkena gangguan mental tersebut.

Tidak ada komentar