Alasan Wortel Dapat Mengobati Rabun Jauh

Alasan Wortel Dapat Mengobati Rabun Jauh

Kamu pasti sering dong mendengar yang namanya rabun jauh? Kondisi yang satu ini pasti sangat menyebalkan bukan?

Selain menyebalkan, kondisi ini juga sangat mengganggu karena mengganggu sistem penglihatan kita. Ketika kita mengidap penyakit mata yang satu ini, kamu pasti cenderung mengalami kesulitan untuk melihat objek yang jauh.

Ketika kamu mengalami kesulitan dalam memandang objek yang jauh, itu artinya kamu sudah mengidap yang namanya mata minus.

Adapun gejala yang mungkin saja timbul ketika kamu mengidap minus adalah penglihatan yang semakin buram, sulit membaca dari kejauhan, hingga sering mengalami sakit kepala.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rabun jauh? Sebenarnya ada begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi penyakit yang satu ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi banyak wortel.

Wortel memang dikenal sebagai salah sayuran yang mengandung banyak gizi yang bagus untuk menjaga mata menjadi tetap sehat.

Dalam 100 gram wortel terdapat:

  • 41 kalori
  • 0,24 gram (gr) lemak
  • 9,58 gr karbohidrat
  • 0,93 gr protein

Wortel juga memiliki kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin A sebanyak 12.000 IU, vitamin B1 0,06 miligram, dan vitamin C sebanyak 6 miligram.

Karena memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi, wortel dianggap sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan nutrisi pada wortel yang bermanfaat bagi kesehatan mata adalah:

Alasan Wortel Dapat Mengobati Rabun Jauh

1. Vitamin A

Dari dulu, wortel memang sangat dikenal sebagai salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Tak hanya itu saja, kandungan air dalam wortel ini juga tergolong tinggi.

Bayangkan saja, wortel terdiri dari 86–95%, dan porsi yang dapat dimakan terdiri dari sekitar 10% karbohidrat. Selain itu, wortel juga mengandung sangat sedikit lemak dan protein. Sehingga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kamu harus tahu bahwa ternyata vitamin A ini ternyata sangat baik digunakan untuk mencegah kornea pada mata mengalami kekeringan yang akan berefek kepada penglihatan yang memburuk.

Tak hanya itu saja, ternyata vitamin A juga dapat membantu mencegah terjadinya radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa sehingga dapat menurunkan tajam penglihatan.

2. Lutein dan Zeaxanthin

Selain banyak mengandung vitamin A, ternyata wortel juga banyak mengandung Lutein dan Zeaxanthin, yakni tipe dari karotenoid yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit mata age-related macular degeneration (AMD).

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Clinical and Epidemiologic Research, orang yang konsumsi lutein dan zeaxanthin berisiko 40 persen lebih rendah terkena AMD.

Kedua komponen ini dapat menyerap sinar yang berbahaya bagi penglihatan dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Beta Karoten

Kandungan wortel berikutnya yang dapat menjadikannya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata adalah karena kandungan beta karotennya yang memang cukup tinggi.

Wortel tidak hanya menjadi makanan yang mengandung karoten alfa saja. Akan tetapi, tanaman sayuran akar yang berwarna jibungga ini juga mempunyai kandungan beta karoten yang tergolong sangat tinggi.

Untuk 1 kg wortel yang dimasak mempunyai kandungan beta karoten yang berkisar 120% sesuai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Tidak ada komentar