Penyebab Serta Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Serta Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Tahukah kamu? Tekanan darah tinggi atau dalam dunia medis sering disebut dengan hipertensi merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki tekananan darah mencapai lebih dari angka 130/80 mmHg.

Tingginya tekanan darah pengaruhi oleh banyaknya volume darah yang dipompa oleh jantung dan resistensi aliran darah di pembuluh darah/arteri.

Nah, dapat disimpulkan bahwa tekanan darah akan lebih tinggi ketika jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya atau bisa juga akibat terjadinya penyempitan arteri.

Lantas, apasih sebenarnya penyebab tingginya tekanan darah? Makanan apa saja yang dapat memicu tekanan darah meningkat? Penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Serta Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Serta Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

1. Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Jarang melakukan aktivitas fisik

Jarang melakukan gerakan ternyata dapat memicu naiknya tekanan darah. Ketika tubuh kurang gerak, jantung akan bekerja lebih keras, sehingga memompa lebih banyak darah.

Banyaknya volume darah yang dipompa oleh jantung tentu akan memuat tekanan dara juga ikut meningkat.

Obesitas

Faktor berikutnya yang juga menjadi penyebab terjadinya obesitas adalah karena tubuh mengalami obesitas atau kondisi dimana tubuh mengalami kelebihan berat badan.

Ketika berat badan semakin banyak, maka jumlah nutrisi serta oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh juga akan semakin meningkat. Hal ini juga dapat memicu jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Merokok

Hal berikutnya yang juga dapat memicu timbulnya tekanan darah tinggi adalah kebiasaan merokok. Kita semua tahu bahwa merokok dapat merusak paru-paru hingga mengganggu alat pernafasan.

Namun, tahukah kamu? Ternyata kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan potensi terjadinya tekanan darah tinggi karena zat kimia yang ada didalam benda tersebut menyebabkan lapisan dinding arteri rusak. Hal tersebut membuat arteri menyempit dan tekanan darah meningkat.

Konsumsi minuman bralkohol

Minuman keras atau minuman beralkohol bisa memicu peningkatakn tekanan darah. American Hearth Associaton (AHA) mengatakan bahwa alkohol dapat meningkatkan lemak dalam darah dan memicu penumpukan lemak di dinding arteri. Ketika hal tersebut terjadi, maka memicu hipertensi dan beberapa gangguan kesehatan lain.

Stres

Penyebab tekanan darah tinggi selanjutnya yaitu stres. Hal tersebut karena adanya peningkatan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Bukan hanya darah tinggi saja, namun stres juga bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke.

Faktor usia

Hal berikutnya yang juga dapat memicu terjadinya peningkatan peningkatan tekanan darah adalah karena faktor usia.

Kita usia semakin bertambah, maka hal yang terjadi adalah organ serta pembuluh darah mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Tak hanya itu, beberapa organ dalam tubuh seperti ginjal juga akan mengalami penurunan kinerja yang membuatnya tak dapat bekerja dengan optimal yang membuat kadar garam dan cairan dalam tubuh tak seimbang.

Tak hanya itu saja, saat terjadi penambahan usia pembuluh darah akan menjadi kaku. Hal ini lah yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

2. Makanan yang Memicu Tekanan Darah Meningkat

Penyebab Serta Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Makanan tinggi garam

Makanan pertama yang dapat memicu tekanan darah meningkat adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang cukup tinggi.

Garam diketahui memiliki kemampuan menarik air di pembuluh darah. Ketika hal tersebut terjadi, maka volume darah akan meningkat.

Saat volume naik, maka secara otomatis tekanan darah juga ikut naik. Biasanya makanan kemasan seperti snack memiliki kadar garam yang tinggi. Maka dari itu, penting sekali untuk mencermati komposisi dalam produk makanan kemasan.

Makanan berlemak dan tinggi kolesterol

Makanan penyebab darah tinggi selanjutnya yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol.

Beberapa makanan yang masuk dalam kelompok ini antara lain; daging merah, daging babi, keju, mentega, margarin, gorengan, minyak kalapa, minyak sawit, aneka kue, dan makanan bersantan.

Minuman mengandung kafein

Tak hanya banyak mengkonsumsi makanan yang asin, ternyata mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung kafein juga dapat memicu tekanan darah meningkat.

Beberapa jenis makanan yang tinggi kafein seperti kopi, teh, soda, dan sejenisnya ternyata bisa memicu hipertensi.

Tak hanya itu saja, ternyata kafein juga dapat menghambat proses pelepasan hormone adenosine, dimana hormone inilah yang nantinya akan bertugas untuk menjaga pembuluh darah tetap lebar.

Ketika hormon tersebut dihambat, maka pembuluh darah menjadi sempit. Akibatnya, terjadi kenaikan tekanan darah.

Makanan tinggi gula

Selain mengkonsumsi makanan yang asin, ternyata banyak mengkonsumsi makanan yang manis juga dapat memicu naiknya tekanan darah.

Hal ini disebabkan karena ketika kamu banyak mengkomsumsi makanan yang manis dapat meningkatkan produksi insulin yang ada di dalam tubuh dan dapat memicu terjadinya resistensi insulin.

Saat tubuh resisten terhadap insulin, maka kemampuan menyimpan magnesium menurun. Padahal mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh. Ketika magnesium rendah, pembuluh darah menjadi kaku dan tekanan darah meningkat.

Minuman beralkohol

Minuman alkohol juga harus dihindari agar tidak memicu hipertensi. Hal tersebut karena minuman beralkohol mengandung kalori tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan hipertensi.

Tidak ada komentar