Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Pernahkah kamu mengalami sebuah radang pada tenggorokan kalian? Yup, kita semua setuju bahwa hampir semua orang pasti pernah mengalaminya.

Pada dasarnya, radang tenggorokan merupakan sebuah kondisi dimana terjadi radang ditenggorakan, dan bisanya hal ini disebabkan oleh virus atau bakteri.

Adapun gejala yang mungkin di timbulkan ketika kalian mengalami radang tenggorokan adalah rasa sa gatal dan kering pada area tersebut.

Tak hanya sampai disitu saja, nantinya radang ini akan berujung pada terjadinya pilek, sakit kepala, batuk, dan badan terasa lemas.

Banyak orang yang sepele dengan penyakit yang satu ini, padahal radang tenggorokan masuk kedalam kategori penyakit yang wajib diwaspadai.

Lantas, apa penyebab terjadinya radang tenggorokan? Bagaimana cara mengatasainya? Penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

1. Penyebab Radang Tenggorokan

Terpapar Polusi Udara

Penyebab pertama terjadinya radang tenggorokan adalah karena terpapar polusi udara secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun tak hanya itu saja, radang tenggorokan juga ternyata dapat terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan terlalu sering merokok.

Mengidap Tumor Tenggorokan

Tak hanya polusi udara, radang tenggorokan juga dapat terjadi karena mengidap tumor tenggorokan. Seseorang yang mengidap penyakit ini akan memiliki suara yag serak, kesulitan untuk menelan, sesak napas, dan timbul benjolan diarea leher.

Udara Panas

Faktor berikutnya yang menjadi pemicu munculnya radang tenggorokan adalah karena udara yang cenderung panas. Udara yang panas bisa membuat tenggorokan terasa gatal, terutama ketika bangun tidur. Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara di sekitar Anda.

Alergi

Salah satu penyebab terjadinya radang tenggorokan adalah karena faktor alergi. Biasanya alergi ini disebabkan karena adanya alergi pada debu, jamur, bulu binatang, dan serbuk sari bunga. Sejumlah bahan pemicu radang tersebut bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan merupakan penyebab radang tenggorokan yang paling umum.

Mengidap Penyakit GERD

Penyebab terjadinya radang tenggorokan adalah mengidap sebuah penyakit tertentu, seperti GERD. Pada umumnya efek yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, hingga perut terasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan berat badan dan sedang hamil.

2. Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Minum Air Putih Hangat

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah radang ternggorokan adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih yang hangat.

Akan lebih baik lagi jika kalian menambahkan irisan buah lemon kedalam segelas air hangat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C nya yang terbilang tinggi dan bagus untuk mengatasi masalah tenggorokan.

Biasanya, timbulnya radang tenggorokan akan disertai dengan gejala pilek dan sakit untuk menelan, maka dari itu banyak-banyak minum air putih akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Madu

Cara mengatasi masalah radang tenggorokan yang berikutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi mada. Bahan yang satu ini memang dikenal sebagai bahan yang sifatnya antibakteri dan antivirus yang dikenal efektif untuk membantu mengatasi rada tenggorokan

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Archives of Medical Research, madu terbukti mampu menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi flu. Tentu saja, manfaat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi madu secara rutin dan teratur.

Kumur Air Garam

Cara berikutnya yang ternyata juga dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah radang tenggorokan adalah dengan rutin kumur air garam.

Air garam dipercaya dapat membantu melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri saat menelan makanan. Selain itu, air garam juga mampu meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara.

Caranya juga tak rumit, kalian hanya perlu mencampurkan sedikit garam kedalam segelas air putih, kumdian berkumur sebanyak 2-3 kali dalam sehari hingga radang mulai hilang.

Daun Mint

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah radang tenggorokan yakni dengan mengkonsumsi daun mint.

Tahukah kamu? Ternyata mint tak hanya dapat digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau minuman, ternyata bisa juga untuk mengatasi masalah radang pada tenggorokan.

Hal ini disebabkan karena kandungan daun mint yang dapat memberikan sensasi yang dingin untuk membantu meredakan radang tenggorokan.

Tidak ada komentar