Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Tahukah kamu? Perut kembung pada bayi merupakan salah satu hal yang menyebabkan bayi menjadi rewal dan tak nyaman.

Tak hanya orang dewasa saja, faktanya anak bayi juga dapat terkena penyakit kembung, lho. Perut kembung hingga usia 3 bulan pada bayi pada dasarnya merupakan sebuah hal yang normal, mengingat pencernaan mereka memang belum bekerja dengan baik.

Namun, kamu juga tak bisa menyepelekan penyakit yang satu ini dan penting juga buat kamu untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab perut kembung pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Penasaran? yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

1. Makanan yang dikonsumsi ibu

Penyebab perut bayi kembung yang pertama adalah bisa saja karena faktor dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Untuk itu, buat para bunda yang sedang dalam masa menyusui, ada baiknya jika kalian mengurangi makanan yang banyak mengandung gas. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang, atau kentang.

2. Makanan yang dikonsumsi bayi

Selain dari faktor makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu, penyebab lainnya yang dapat menyebabkan perut bayi menjadi kembung yakni  makanan yang dikonsumsi oleh bayi itu sendiri.

Untuk bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan dan sudah diberikan MPASI, kalian perlu lebih cermat dan teliti untuk memberi makan bayi.

Sayur memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi, namun perlu bunda ketahui bahwa beberapa jenis sayur ada yang tidak cocok untuk perut si kecil, brokoli contohnya.

3. Minuman selain ASI

Penyebab perut bayi kembung yang berikutnya adalah bayi mengonsumsi minuman lain selain ASI. Pemberian jus pada bayi dapat memicu penyakit kembung hingga berujung diare, lho.

Untuk itu ada baiknya jika bayi dikasi ASI saja, sebagai tambahan boleh juga diberikan susu formula yang sudah disesuaikan dengan umur sang bayi.

4. Dot bayi

Faktor berikutnya yang juga dapat menjadi salah satu penyebab bayi terkena penyakit kembung adalah dot dari si bayi sendiri.

Jika bayi Anda minum susu formula dari botol bayi, pastikan Anda memilih dot yang pas dengan ukuran mulutnya. Ini dilakukan untuk meminimalkan masuknya udara ke mulut bayi, sehingga ia tidak mengalami perut kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

1. Menggerakkan kakinya seperti sedang bersepeda

Letakkan bayi di kasur dengan posisi tidur telentang. Angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengendarai sepeda. Gerakan ini dapat mengeluarkan gas dari perut bayi.

2. Memijat perut bayi

Letakkan bayi dalam posisi tidur telantang, kemudian pijat bagian perut bayi. Anda bisa menggunakan minyak pijat khusus untuk bayi atau minyak telon dengan gerakan memijat searah jarum jam.

Sensasi hangat yang dihasilkan dari minyak telon dapat meredakan perut kembung yang dialami bayi, membuatnya lebih tenang, dan bisa tidur dengan lelap.

3. Mengusap punggung bayi

Letakkan bayi di atas kedua paha dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup. Selanjutnya, usap punggungnya secara perlahan.

4. Menyusui dengan posisi yang benar

Susui bayi dengan posisi sedikit tegak agar susu dapat masuk ke dalam perut secara perlahan, sehingga tidak menimbulkan masalah perut.

Tidak ada komentar