Waspada! Beberapa Jenis Penyakit Ini Menular


Penyakit merupakan suatu hal yang sangat meresahkan karena dapat membuat kekebalan tubuh seseorang mengalami penurunan, dan cenderung merasa lemas untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Apalagi kalau penyakitnya tergolong menular, pasti sangat merepotkan bukan?

Pada dasarnya, penyakit menular merupakan sebuah penyakit yang dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya apabila melakukan kontak fisik, baik secara langsung maupun tidak.

Penyakit menular juga dapat dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya karena efek sampingnya bisa sampai tertular kepada orang yang berada disekitar.

Untuk itu, kita perlu waspada untuk jenis penyakit yang satu itu. Penting bagi kalian untuk mengetahui apa saja sih sebenarnya yang menjadi jenis penyakit menular? Penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspada! Beberapa Jenis Penyakit Ini Menular

Jenis penyakit pertama yang menular yakni penyakit demam berdarah dengue (DBD). Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang timbukk karena tubuh terinfeksi virus dengue yang tertular melalui gigitan nyamuk Aides aegypti.

Demam berdarah masuk kedalam kategori penyakit yang sangat berbahaya dan sangat ganas, sehingga membutuhkan penangan yan cepat dan serius.

Penanganan yang terlambat sedikit saja dapat menyebabkan kematian, lho. Penyebab penyakit ini adalah gigitan nyamuk Aides aegypti dan melakukan kontak langsung dengan penderita DBD.

2. Malaria

Waspada! Beberapa Jenis Penyakit Ini Menular

Penyakit berikutnya yang juga tergolong menular adalah penyakit Malaria, yakni sebuah penyakit yang disebabkan oleh bibit penyakit Plasmodium yang merusak sel darah merah pada tubuh.

penyakit ini ditularkan kepada manusia melalui nyamuk Anopheles. Penyebabnya karena beberapa hal, diantaranya : Gigitan nyamuk Malaria, Transfusi darah yang mengandung bibit penyakit malaria dan hubungan antara ibu yang malaria terhadap anaknya (melalui ASI).

3. Flu Burung

Waspada! Beberapa Jenis Penyakit Ini Menular

Tak kalah berbahaya, jenis penyakit menular berikutnya yang wajib kalian waspadai adalah Flu Burung. Penyakit yang satu ini masuk kedalam kategori penyakit menular karena pada dasarnya virus influenza yang ditularkan oleh unggas yang dapat menyerang manusia.

Adapun nama lain dari penyakit menular yang satu ini adalah adalah Avian influenza dan sering disebut dengan nama H5N1.

Penyebab penyakit ini adalah: Kontak langsung dengan unggas yang terserang Avian influenza, kontak dengan penderita, dan menghirup udara yang tercemar oleh virus H5N1.

4. Diare

Waspada! Beberapa Jenis Penyakit Ini Menular

Jenis penyakit menular berikutnya yang juga perlu kalian waspadai adalah Diare. Pada dasarnya, diare merupakan sebuah penyakit dengan gejala buang air besar encer lebih dari 5 kali sehari.

Diare merupakan sebuah penyakit yang dapat dikategorikan sebagai penyakit yang paling berbahaya karena penderita dapat mengalami dehidrasi yang berujung dengan kekurangan cairan dalam tubuh.

Adapun penyebab terjadinya penyakit diare adalah Infeksi oleh bakteri, virus, dan parasit. Alergi pada makanan dan obat-obatan serta udara yang tercemar virus diare.

5. HIV/AIDS

Waspada! Beberapa Jenis Penyakit Ini Menular

Jenis penyakit menular berikutnya adalah HIV/AIDS atau memiliki nama lengkap Human Immunodeficiency Virus, yakni sebuah virus yang menyebabkan rusaknya/melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga tubuh menjadi semakin lemah yang mengakibatkan penyakit-penyakit lain mudah masuk dan menyerang tubuh.

Penyebabnya ada banyak faktor, diantaranya; hubungan seks yang tidak sehat, sering berganti-ganti pasangan, Penggunaan jarum suntik untuk bersama-sama dan dari ibu ke anak (jika pada hamil si ibu menderita HIV).

Nah, itulah beberapa jenis penyakit yang menular dan dapat dikategorikan sebagai penyakit yang sangat berbahaya. Apabila penanganannya terlambat sedikit saja, nyawa dapat sampai melayang lho. Untuk itu pastikan kamu tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kamu ya, agar nantinya kamu terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin saja sudah mengintai kamu.

Tidak ada komentar