Mengapa Cegukan Terjadi? Ini Alasannya!

Mengapa Cegukan Terjadi? Ini Alasannya!

Pada dasarnya, cegukan merupakan sebuah kondisi dimana terjadi sebuah kontraksi pada otot diafragma (otot yang membatasi dada dan perut) yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari. Saat kontraksi tersebut terjadi, pita suara menutup hingga menimbulkan suara cegukan.

Pada umumnya, penyakit cegukan ini dapat muncul karena beberapa faktor, mulai dari makan atau minum terlalu cepat dan banyak, mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda, merokok, stroke, tumor otak, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, baru saja menjalani operasi di daerah perut, dan mengalami kelainan yang mengiritasi saraf pada otot diafragma.

Biasanya, pada gejala yang masing ringan, cegukan ini hanya akan berlangsung selama beberapa detik saja atau paling lama be rmenit.

Namun beda hal yang jika kalian sampai mengalami cegukan dalam waktu yang cukup lama, bahkan hingga mencapai beberapa jam lamanya.

Jika kalian sampai mengalami kondisi ini, maka kalian harus segera mungkin untuk memeriksakannya kepada dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Diagnosis Cegukan

Mengapa Cegukan Terjadi? Ini Alasannya!

Sebanarnya, pendiagnosa penyakit ini cukup mudah diteksi. Hanya dengan melakukan sebuah wawancara medis dan pemeriksaan fisik saja, penyakit ini sudah bisa terdeteksi.

Namun, jika kalian ingin mengetahui apa sebenarnya penyebab dari penyakit yang satu ini, maka kalian perlu menjalani serangkaian pemeriksaan penunjang yang relevan dengan hal-hal yang dicurigai.

Misalnya, ketika seseorang dicurigai menderita cegukan karena tumor otak atau stroke, dokter dapat melakukan pemeriksaan CT scan kepala atau MRI otak untuk mengonfirmasi penyebabnya.

Gejala Cegukan

Mengapa Cegukan Terjadi? Ini Alasannya!

Untuk gejala penyakit yang satu ini, kalian dapat mendeteksi dengan mudah. Pada umumnya ketikan kalian mengalami cegukan, kamu akan cenderung merasakan adanya sebuah dorongan berserta peningkatan tekanan dalam rongga perut, dada, dan keluarnya bunyi ‘hik’.

Pengobatan Cegukan

Mengapa Cegukan Terjadi? Ini Alasannya!

Untuk pengobatan nya, penyakit ini juga cukup mudah di obati. Kalian hanya perlu melakukan beberapa cara yang praktis dan dapat dilakukan sendiri di rumah, seperti menahan nafas, serta meminum atau berkumur dengan segelas air.

Apabila cegukan itu nantinya tidak akan hilang dalam kurun waktu paling lama 48 jam, maka dianjurkan bagi kalian untuk mengkonsumsi sebuah obat khusus yang dapat membantu mengatasi masalah cegukan.

Biasanya, Dokter dapat memberikan berbagai obat untuk meredakan cegukan Anda. Namun obat ini tergolong obat keras, sehingga hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Namun, apa bila ternyata cegukan tak kunjung berhenti bahkan ketika kalian sudah mengkonsumsi obat, maka kalian akan membutuhkan sebuah operasi saraf frenikus (saraf yang mengontrol otot diafragma) dapat menjadi senjata pamungkas terakhir untuk meredakan cegukan yang Anda alami.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai penyakit cegukan. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Tidak ada komentar