Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Bisul merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu karena dapat timbul dimana saja dan dapat mengganggu aktivitas karena rasa perih yang ditimbulkannya.

Penyakit bisul biasanya akan menyebabkan munculnya benjolan kecil, keras, dan tampak kemerahan pada bagian tertentu tubuh seseorang

Pada umumnya, pengobatan bisul dapat dilakukan dengan memberikan obat yang dapat di konsumsi maupun di oleskan ke dalam tubuh.

Lantas, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab munculnya bisul pada kulit? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Bisul

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Pada dasarnya, bisul disebabkan karena kulit mengalami sebuah infeksi yang disebabkan oleh sebuah bakteri yang disebut dengan Staphylococcus aureus.

Biasanya, bakteri ini dapat ditemukan di permukaan kulit yang ada dibagian dalam kulit ataupun di dalam hidung kita.

Nah, ketika permukaan kulit mengalami luka, maka bakteri ini akang langsung masuk ke dalam folikel dan akan menyebar pada bagian tubuh yang lainnya, bahkan dapat sampai ke bagian tulang.

Pada kasus yang lebih berat, terjadinya infeksi bakteri ini dapat hingga membahayakan beberapa organ penting yang lainnya yang ada di dalam tubuh.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mendorong timbulnya bisul pada permukaan kulit kalian.

  1. Adanya kontak langsung dengan penderita bisul
  2. Kondisi kebersihan lingkungan dan tubuh yang tidak terjaga
  3. Daya tahan tubuh yang sedang berada pada kondisi lemah
  4. Kulit yang kerap mengalami jerawat

Obat Bisul Alami

1. Mengompres hangat

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Cara alami yang pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi penyakit bisul adalah dengan rutin mengompres bisul dengan air hangat.

Rutin mengompres bisul dengan air hangat akan membuat aliran darah menuju bisul semakin meningkat, sehingga dapat memicu sel darah putih dan juga antibody akan mengalir secara lancar kea rah bisul.

Dengan meningkatnya aliran darah ini dapat membuat sel darah putih dan antibodi mengalir lancar melawan infeksi. Cobalah untuk mengompres bisul dengan kompres hangat selama 20 menit.

2. Menggunakan kunyit

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Cara alami berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi bisul adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti kunyit.

Kunyit dikenal dengan sifat antiradangnya beserta anti bakteri yang dapat  membantu mempercepat proses penyembuhan bisul secara alami.

Caranya juga tergolong mudah, kalian hanya perlu mengoleskan kunyit pada permukaan kulit yang terkena bisul atau dengan cara merebus kunyit dan meminum air rebusannya.

3. Menggunakan minyak kastor

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Cara alami berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah bisul adalah dengan menggunakan minyak kastor atau disebut juga dengan minyak jarak.

Minyak jarak dikenal dengan kandungan asam risinoleat nya yang bersifat anti radang. Selain itu, ia juga memiliki sifat anti bakteri yang mampu mengatasi penyakit bisul.

Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan minya kelor ini pada permukaan kulit yang ditumbuhi oleh bisul secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Menggunakan minyak pohon teh

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Cara alami berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah bisul adalah dengan menggunakan minyak pohon teh.

Tea tree oil atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan minyak pohon teh memang sudah sejak lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi penyakit bisul.

Minyak pohon teh banyak mengandung kandungan anti bakteri dan juga antiseptik. Namun walaupun begitu, kalian juga harus tetap hati-hati ya dalam menggunakan bahan ini, jangan sampai terkena langsung kepermukaan bisul.

5. Menggunakan garam Epsom

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian coba untuk mengatasi masalah bisul adalah dengan menggunakan garam Epsom.

Garam jenis ini memang sudah lama di kenal sebagai salah satu obat alami yang cukup manjur untuk mengatasi masalah bisul serta dapat mengeringkan nanah dengan cepat.

Caranya juga tidak sulit. Kalian hanya perlu melarutkan air garam dan kemudian mengoleskan air larutan garam tersebut  pada permukaan kulit yang di tumbuhi oleh bisul dan diamkan selama 20 menit.

6. Menggunakan bawang merah

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi masalah penyakit bisul adalah dengan memanfaatkan bawang merah.

Selain dikenal sebagai bahan dapur yang dapat melezat masakan, ternyata bawang merah juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisul.

Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu menggunakan bawang merah pada area bisul dengan cara membungkusnya dengan kain kasa terlebih dahulu. Letakkan bawang merah ini pada area tersebut sebanyak 1 sampai 2 jam sekali.

Tidak ada komentar