Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Bintik merah merupakan sebuah penyakit kulit yang umum dialami oleh semua orang, tak terkecuali pada bayi.

Penyakit bintik merah pada kulit bayi pada umumnya memang dianggap sebagai penyakit yang tidak terlalu berbahaya dan penanganannya juga tergolong simpel dan mudah ditangani.

Kulit bayi memang memiliki kadar sensitif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kulit pada orang dewasa.

Kemunculan bintik merah pada kulit bayi dapat dipicu oleh kondisi suhu yang meningkat, reaksi alergi, paparan zat kimia, hingga akibat infeksi virus atau bakteri.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi dan cara mengatasinya.

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

1. Eksim

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang pertama adalah eksim.

Eksim merupakan suatu kondisi kulit pada bayi dimana penderita akan mengalami gatal, kering, merah, dan pecah-pecah pada kulit.

Biasanya hal ini dapat terjadi karena kondisi kulit yang sensitif dan juga adanya reaksi alergi terhadap suatu bahan makanan tertentu.

Pada umumnya, eksim akan timbul disekitar area lipatan kulit, seperti di belakang lutut, lipatan siku, lipatan leher, serta daerah sekitar mata dan telinga.

Untuk mengatasi penyakit yang satu ini, kalian hanya perlu memandikan bayi sebanyak 2-3 kali dalam sehari, kemudian keringkan tubuh bayi dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk.

Untuk langkah yang berikutnya, kalian dapat mengoleskan krim atau salep yang telah didapat dari dokter sebelumnya.

2. Ruam Popok

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang berikutnya adalah ruam popok yang terjadi karena infeksi jamur candida.

Hal ini dapat terjadi karena kondisi kulit bayi yang lembab akibat terlalu lama terkena urine atau feses yang ada di popok.

Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, kalian dapat mengganti popok secara rutin dan jangan lupa untuk mengoleskan krim atau salep khusus sebelum menggunakan popok.

popok Si Kecil secara rutin dan mengoleskan krim atau salep khusus sebelum memakai popok.

3. Penyakit tangan, kaki, dan mulut (coxsackie)

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang berikutnya adalah penyakit tangan, kaki, dan mulut disebabkan oleh infeksi virus yang menular melalui batuk, bersin, atau popok bekas.

Gejala penyakit yang satu ini ditandai dengan adanya demam, hilangnya nafsu makan, sakit tenggorokan, sariawan, dan ruam yang tidak terasa gatal. Ruam biasanya akan terjadi di area tangan, kaki, dan terkadang di bokong serta tungkai.

Pada umumnya, penyakit yang satu ini akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu.

Nah, untuk mencegah penyebaran penyakit yang satu ini, kalian wajib memastikan tangan kalian dalam keadaan yang bersih sebelum menyentuh bayi.

4. Biduran

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang berikutnya adalah biduran.

Biduran atau urtikaria merupakan ruam gatal pada kulit yang muncul sebagai reaksi alergi terhadap benda atau zat tertentu, seperti makanan, obat-obatan, sengatan serangga, dan suhu dingin atau panas.

Secara umum, bintik merah pada kulit bayi ini tidak menular dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Biduran juga bisa menjadi tanda reaksi alergi serius atau anafilaksis, apabila disertai oleh sesak napas atau wajah bengkak. Maka dari itu, jika biduran tidak sembuh dalam beberapa hari, segera periksakan Si Kecil ke dokter.

5. Impetigo

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang berikutnya adalah impetigo.

Impetigo merupakan suatu kondisi kulit yang mengalami infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Penyakit yang satu ini ditandai dengan adanya luka atau benjolan yang dapat pecah, sehingga meninggalkan kerak tebal berwarna kuning kecokelatan. Pada dasarnya, luka ini dapat menimbulkan sensasi gatal yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Biasanya, impetigo akan timbul pada area disekitar mulut atau hidung, namun dalam sebuah kondisi tertentu, penyakit yang satu ini dapat menyerang area wajah, tangan, atau bagian tengah dari tubuh bayi.

Pengobatan penyakit yang satu ini dapat dilakukan dengan mengoleskan krim, salep, atau tablet antibiotik.

6. Biang keringat

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang  berikutnya adalah karena cuaca yang terasa panas dan juga udara yang lembab.

Biasanya munculnya penyakit yang satu ini ditandai dengan munculnya jerawat kecil berwarna merah dan terasa gatal, serta dapat muncul di kepala, leher, bahu, lengan, atau kaki bayi.

Untuk mengobati penyakit yang satu ini, kalian dapat memandikan bayi dengan air yang dingin, lalu gunakan baju dengan bahan yang tidak terlalu tebal.

7. Kurap

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi yang  adalah karena bayi terkena penyakit kurap.

Pada umumnya kurap merupakan sebuah penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur, sehingga menimbulkan peradangan pada kulit yang berbentuk cincin dan terasa gatal.

Biasanya, kurap dapat tumbuh di area kepala, kaki, atau pangkal paha. Penyakit yang satu ini dapat menular ke kulit melalui barang yang dipakai bersama-sama.

Cara mengobati penyakit yang satu ini yakni dengan mengoleskan krim anti jamur pada kulit yang terkena kurap.

Nah, itulah beberapa Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan kita kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar