Bahan Alami yang Dapat Meredakan Gatal pada Kulit

Bahan Alami yang Dapat Meredakan Gatal pada Kulit

Kita semua sepakat bahwa kondisi kulit yang gatal merupakan suatu keadaan yang sangat mengaganggu. Saat gatal-gatal menyerang seseorang, penderita akan menggaruk area yang diserang gatal.

Penyakit gatal-gatal pada kulit merupakan sebuah penyakit yang besar kemungkinan disebabkan karena faktor alergi terhadap bahan makanan.

Penyakit gatal-gatal pada kulit umumnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan pengobatan secara alami.

Lantas, apa saja bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi penyakit yang satu ini? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai bahan alami yang dapat mengatasi penyakit gatal-gatal.

Penasaran apa saja itu? Yuk kita bahas.

Bahan Alami yang Dapat Meredakan Gatal pada Kulit

1. Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit gatal-gatal adalah bahan alami lidah buaya.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang dikenal memiliki segudang khasiat untuk kulit.

Mengoleskan gel lidah buaya pada kulit ternyata dapat membantu meredakan iritasi karena kulit gatal atau kulit kering.

Kandungan dalam tanaman lidah buaya ini dipercaya dapat membantu melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit tetap tercukupi.

Secara umum, lidah buaya menjadi salah satu obat alami yang sangat aman untuk digunakan. Namun, ada baiknya sebelum menggunakan nya kalian terlebih dulu melakukan uji coba kepada sedikit area pada kulit kalian.

2. Oatmeal

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi penyakit gatal-gatal pada kulit adalah dengan menafaatkan oatmeal.

Ternyata selain dikenal baik untuk menu sarapan, oatmeal juga dipercaya dapat membantu mengatasi gatal pada kulit.

Hal ini disebabkan karena oatmeal dikenal dengan sifatnya humektan, yaitu dapat membantu melembapkan kulit.

Cara memanfaatkan bahan alami oatmeal ini untuk kesehatan kulit adalah dengan mencampurkan oatmeal dengan beberapa jenis krim koloid dalam air mandi.

Ternyata, bahan alami oatmeal juga dikenal dengan kandungan zat atiinflamasi dan juga zat antioksidannya yang dapat mengurangi rasa gatal, kulit kering, dan juga kulit yang terasa kasar.

3.Kunyit

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian manfaatkan untuk mengatasi kulit gatal adalah dengan memanfaatkan kunyit.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa pada pada 150 orang dengan eksim, peneliti menggunakan krim yang mengandung kunyit selama 4 minggu untuk mengatasi gatal-gatal.

Dan dari hasil yang didapat, sekitar hampir 30-32 persen penderita gatal yang diberikan kunyit mengalami  penurunan kulit bersisik dan gatal pada masing-masing subjek penelitian.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang dikenal dengan sifat antiinflamasi dan bakterisida.

Senyawa yang satu ini dipercaya dapat membantu untuk mengobati peradangan dan gatal pada kulit.

Akan tetapi,  diketahui bahwa ternyata krim kunyit juga mengandung ramuan antiinflamasi lainnya, yang berkontribusi pada perbaikan.

Oleh sebab itu, penelitian ini tidak dapat menyimpulkan bahwa kunyit saja dapat meredakan gejala eksim, seperti gatal-gatal pada kulit.

4. Es Batu

Bahan alami berikutnya yang dapat mengatasi penyakit gatal pada kulit adalah es batu.

Cara menggunakan bahan ini untuk pengobatan gatal cukup mudah. Kalian hanya perlu mengompres bagian kulit yang gatal dengan menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain bersih terlebih dahulu.

5. Perbanyak Air Putih

Cara alami berikutnya yang dapat kalian coba untuk mengatasi penyakit gatal pada kulit yaitu dengan mengkonsumsi banyak air putih.

Pada dasarnya, timbulnya rasa gatal pada kulit dapat diakibatkan oleh kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Oleh sebab itu, minum air putih sangat dianjurkan buat kamu yang sedang mengalami gatal pada kulit.

6. Minyak Kelapa

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian manfaatkan adalah minyak kelapa. Minyak yang satu ini dipercaya dapat mengatasi kulit yang gatal.

Hal ini di dasari oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahw minyak kelapa ampuh mengatasi masalah kulit, termasuk gatal karena peradangan akibat alergi.

Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, melainkan juga bisa menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan.

Caranya cukup mudah, kalian dapat mengoleskan minyak kelapa yang dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berguna dalam menstabilkan radikal bebas serta mengatasi peradangan yang menjadi penyebab gatal-gatal.

Komentar