Insomnia : Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Insomnia : Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Insomnia merupakan sebuah gangguan atau keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur.

Gangguan yang satu ini dapat menimbulkan efek lelah dan lemas ketika terbangun dari tidur dan cenderung tidak mempunyai energi untuk melakukan aktivitas karena kurang tidur.

Namun tidak sampat di situ saja, insomnia atau kurang tidur juga dapat merusak kesehatan tubuh, kinerja, hingga mengganggu kesehatan.

Pada suatu keadaan tertentu, kebanyakan orang khususnya pada orang dewasa, biasanya akan mengalami insomnia dalam jangka pendek atau akut hingga  berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Hal ini dapat terjadi karena stress atau mengalami sebuah peristiwa yang traumatis.

Namun insomnia juga dapat terjadi karena diakibatkan oleh pengaruh pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang relatif lama.

Gejala Insomnia

Insomnia : Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Pada umumnya, penderita imsonia akan mengalami beberapa gejala yang umum terjadi. Penasaran apa saja gejalanya? Berikut beberapa diantaranya.

1. Mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari

2. Sering terbangun dimalam hari tanpa alasan yang jelas

3. Tidur lebih lama dan bangun lebih awal dipagi hari

4. Mengalami depresi dan kecemasan secara berlebihan

5. Cenderung lebih sulit untuk focus dan mengalami kesulitan dalam mengingat

Penyebab Insomnia

Insomnia : Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Pada dasarnya terdapat beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur, beberapa diantaranya adalah akibat stress yang berlebihan hingga pengaruh konsumsi obat-obat tertentu.

Secara umum, insomnia dapat dibagi menjadi dua golongan, yang pertama adalah insomnia aku dan satunya yaitu insomnia kronis.

1. Penyebab insomnia akut

  • Penyebab insomnia aku yang pertama adalah karena besarnya tekanan hidup yang berat, seperti sesuatu hal yang sangat penting dari hidup atau mengalami perceraian misalnya.
  • Sedang mengalami atau menderita penyakit tertentu yang mengakibatkan sulit untuk tidur dimalam hari.
  • Mendapat sebuah perlakuan yang menimbulkan ketidaknyamanan secara emosional dan fisik
  • Insomnia juga dapat terjadi karena faktor lingkungan, seperti suhu, suara, atau bahkan faktor cahaya yang terlalu terang atau gelap.
  • Pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Pola tidur tang tidak tepat ternyata juga dapat mempengaruhi aktivitas tidur kita.

2. Penyebab insomnia kronis

  • Penyebab insomnia kronis yang pertama adalah masalah yang dapat terbawa pikiran hingga menjelang tidur, seperti stress karena masalah pekerjaan, keuangan, sekolah, kesehan, dan juga trauma.
  • Untuk penyebab yang kedua yaitu akibat terlalu banyak makan dimalam hari sesaat sebelum tidur.
  • Waktu tidur yang tidak tepat juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit insomnia kronis.
  • Adanya gangguan mental membuat seseorang cenderung mengalami kesulitan untuk tidur
  • Mengkonsumsi beberapa minuman dengan kandungan kafein, nikotin, dan alkohol juga dapat menjaga mata tetap terbuka sehingga dapat menyebabkan insomnia.
  • Mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu dengan kandunga zat yang dapat merangsang tubuh untuk tetap terjaga juga dapat menjadi salah satu penyebab insomnia.

Nah, pada umumnya, insomnia sering dialami oleh para wanita, khususnya pada wanita yang sudah memasuki masa lansia (usia 60 tahun ke atas), seseorang dengan gangguan mental, stress yang parah, hingga seseorang yang tidak memiliki aktivitas yang terlalu padat di siang hari.

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia : Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Pada umumnya penyakit insomnia tau kesulitan untuk tidur merupakan sebuah penyakit yang tidak terlalu memerlukan penanganan yang sangat serius. Di sini kalian hanya dituntut untuk lebih menjaga gaya hidup dan juga mengatur pola tidur.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi penyakit insomnia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Memperhatikan jadwal tidur tepat dan bangun tidur dengan waktu yang konsisten setiap harinya. Lama tidur yang dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah selama 8 jam perharinya.
  2. Jangan malas untuk melakukan pergerakan. Disini kalian dapat melakukan olahraga secara rutin agar selain dapat memperbaiki kualitas tidur, kalian juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
  3. Sebelum mengkonsumsi jenis obat, baca terlebih dahulu intruksi pemakaian obat serta efek samping yang ditimbulkan. Sebisa mungkin kalian menghindari jenis obat yang dapat menyebabkan insomnia.
  4. Tidur siang merupakan hal yang tidak dilarang, namun jangan sampai tidur dalam jangka waktu yang sangat lama.
  5. Sebelum atau sesaat menjelang tidur, hindari mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung banyak kafein, alkohol, dan nikotin.
  6. Ciptakan kebiasaan sebelum tidur yang menenangkan, seperti mandi air hangat, membaca, atau mendengarkan musik. Selain itu kalian juga dapat membersihkan tempat tidur terlebih dahulu agar dapat tidur lebih nyenyak.

Bila gejala insomnia semakin meningkat dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, itulah beberapa gejala, penyebab, serta cara mengatasi penyakit insomnia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar