Ketombe : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketombe : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketombe adalah salah satu penyakit pada kulit kepala, yang mana penyakit yang satu ini memiliki sifat kronik yang membuat timbulnya serpihan-serpihan kulit kepala yang memiliki warna keabu-abuan hingga kekuningan pada penderita.

Ketombe merupakan penyakit umum yang banyak diderita oleh sebagian besar orang. Gejalanya sangat mudah untuk dikenali.

Biasanya akan ditemukan serpihan kulit yang memiliki warna keabu-abuan atau kekuningan pada kulit kepala. Tidak hanya itu, rambut juga akan terasa lebih lepek serta berminyak. Kamu juga akan mengalami rasa gatal pada kepala mu saat terkena penyakit ini.

Pada umumnya, ketombe dapat tumbuh diseluruh area pada kepala, mulai dari kulit kepala, diantara rambut, hingga apabila kamu sering menggaruk kepala ketombe ini juga dapat ditemui di bahu kamu.

Selain adanya rasa gatal, gejala lain yang dapat ditemukan pada penderita ketombe adalah kulit kepala akan mengalami peradangan serta menjadi lebing kering.

Nah, untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai penyebab ketombe dan cara mengatasinya. Penasaran apa saja? Mari kita bahas.

1. Penyebab Ketombe

Cara keramas yang salah

Untuk penyebab ketombe yang pertama adalah cara kalian keramas masih salah.

Salah satu kebiasaan buruk kamu saat keramas yang menyebabkan tumbuhnya ketombe yaitu kamu tidak membilas rambut dengan menyeluruh hingga busa shampoo tidak ada lagi.

Tidak hanya itu, penyebab lainnya adalah kalian mungkin sering kali menggunakan air panas untuk membilas rambut kalian, padahal akan lebih baik lagi jika kalian keramas menggunakan air dingin saja.

Maka dari itu, kalian harus merubah kebiasaan buruk kalian itu ya agar dapat terhindar dari penyakit ketombe.

Kulit kepala sensitif atau kering

Penyebab ketombe yang berikutnya adalah karena kondisi kulit kalian yang kering dan cenderung sensitif.

Kondisi kulit kering pada kepala biasanya dapat disebabkan oleh pengguanaan shampoo serta kondisioner rambut secara tidak tepat.

Maka dari itu, penting bagi kalian agar lebih berhati-hati lagi dalam memilik produk untuk kesehatan rambut dan kulit kepala kalian.

Untuk kulit kepala kering dan cenderung sensitif, maka kamu dapat memilih produk yang mengklaim dapat melembabkan kulit kepala.

Namun, jika kulit kepala kamu cenderung sensitif, maka kamu dapat memilih produk yang tidak terlalu mengandung zat yang keras. Sebagai referensi kamu dapat memilih produk dengan kandungan buah di dalam nya.

Dermatitis seboroik

Salah satu penyebab ketombe yang lainnya adalah mungkin kamu mengidap suatu penyakit kulit yang bernama Dermatitis seboroik.

Dermatitis seboroik merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan di kulit kepala dengan gejala iritasi, ketombe, pembengkakan, kulit memerah, kulit bersisik, rasa gatal, dan rambut rontok.

Kondisi kulit yang berminyak dan kotor, faktor keturunan, stress, serta ketahanan tubuh yang rendah akan memperbesar resiko terkena penyakit yang satu ini.

Untuk mengatasi penyakit yang satu ini, kamu dapat memakai produk shampoo dengan klaim dapat mengatasi ketombe secara benar dan teratur.

Namun, jika cara ini tak kunjung membuahkan hasil, maka kamu dapat mengeceknya langsung pada dokter spesialis kulit untuk mendapakan pertolongan.

Infeksi jamur

Penyebab ketombe yang berikutnya adalah adanya infeksi jamur pada kulit kepala.

Jamur yang dikenal dapat menginfeksi kulit kepala yakni Malassezia globosa, yang hidup dari sebum yang ada di kulit kepala.

Jamur inilah yang mengeluarkan zat tertentu yang menjadi penyebab timbulnya ketombe, kulit kepala lebih kering, hingga timbulnya rasa gatal.

2. Cara Menghilangkan Ketombe

Menyisir rambut secara teratur

salah satu cara menghilangkan ketombe yang dapat kalian coba yakni dengan rutin menyisir rambut.

Cara yang satu ini dipercaya dapat menghilangkan ketombe secara alami dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit kepala akan lebih sehat.

Namun, kamu harus menghindari menyisir terlalu kuat ya, karena dapat menyebabkan luka pada kulit kepala kalian.

Selain itu kalian juga dapat menyisir rambut kalian ketika sedang keramas menggunakan shampoo. Hal ini bertujuan untuk membuat vitamin shampoo meresap secara sempurna di kulit.

Rutin keramas

Cara menghilangkan ketombe berikutnya adalah dengan rutin mencuci rambut.

Pada dasarnya terlalu sering keramas dapat menyebabkan kulit kepala kamu menjadi lebih kering. Namun, hal ini tidak berlaku untuk kamu yang memiliki masalah kulit ketombe.

Kamu dianjurkan untuk lebih rutin keramas agar sebum di kulit kepala tidak mengalami penumpukan, sehingga kulit kepala akan lebih bersih dan jamur akan cepat menghilang.

Gunakan shampo hingga ke kulit kepala

Cara menghilangkan ketombe yang dapat kamu coba yakni dengan menggunakan shampoo secara baik dan benar.

Pada dasarnya penggunaan shampoo yang benar adalah dengan menggunakannya hingga pada kulit kepala.

Saat kamu sedang berkeramas, dianjurkan bagi kamu untuk memijat dengan lembut pada bagian kulit kepala. Hal ini bertujuan agar vitamin shampoo meresap dengan sempurna.

Kemudian, kamu dapat membilas rambut kalian dengan air hangat sampai bersih agar sisa-sisa shampoo tidak tertinggal dan memicu pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe.

Nah, itulah penjelasan kita mengenai penyebab ketombe dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan kita kali ini dapat berguna serta menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Komentar