Jerawat Batu : Penyebab dan Cara Mengatasi

 

Jerawat Batu : Penyebab dan Cara Mengatasi

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh semua orang, baik wanita maupun pria.

Jerawat menjadi salah satu penyakit kulit yang pada umum nya dapat tumbuh diarea wajah, punggung, bahkan kulit kepala.

Jerawat dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, mulai dari jerawat hormonal, jerawat batu, fungal acne, jerawat pasir dan lainnya.

Nah, pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai penjebab jerawat dan cara mengatasinya, apa saja itu? Yuk kita bahas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu

Penyebab Jerawat Batu

Pada dasarnya penyebab jerawat muncul diwajah adakibat dari ada nya sel kulit materi, minyak dan bakteri yang terperangkap di pori-pori kulit tubuh.

Nah, untuk jerawat batu sendiri akan muncul ketika infeksi masuk jauh ke dalam kulit dan menimbulkan benjolan yang berisi nanah.

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang paling serius dibanding jenis jerawat lainnya, pasalnya jika jerawat batu sampai pecah, dapat menyebabkan infeksi menyebar dengat cepat sehinggal jerawat lainnya akan timbul.

Biasanya jerawat batu tidak hanya timbul di wajah saja, melainkan juga dapat muncul di bagaian tubuh lainnya, seperti dada, leher, dan lengan.

Penyebab jerawat beragam, mulai mulai dari efek stress, kurang menjaga kebersihan wajah, alergi makanan, iritasi, hormon dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara mengatasi jerawat batu yang pertama yaitu kalian harus rutin membersihkan wajah kalian, teruma sebelum kalian tidur.

Tidur dengan wajah yang masih kotor hanya akan memperburuk kondisi kulit kamu, khusus nya pada kulit yang cenderung sensitif.

Pasal nya, bakteri dari luar dan dari produk makeup yang menempel pada wajah dapat menyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat dan komedo, akibatnya kulit kamu  akan menjadi kasar dan kusam apabila tidak dibersihkan dengan benar.

Maka sangat dianjurkan bagi kamu untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum tidur supaya kulit kamu dapat bernafas dan kulit akan lebih cerah keesokan harinya. 

Gunakan Produk Berbahan Retinoid

Untuk cara mengatasi jerawat batu berikutnya, kamu dapat menggunakan dengan produk yang mengandung bahan retinoid.

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang sangat dianjurkan oleh dunia medis dalam pengobatan jerawat batu.

Retinoid dikenal dengan kandungan anti-aging yang dikenal mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja secara maksimal.

Retinoid dalam kandung produk skincare umumnya terdiri dari jenis, seperti retinol, adapalene, isotretinoin, dan tretinoin.

Kamu dapat memperolehnya dari toko Apotek terdekat dengan harga yang cukup terjangkau.

Gunakan Benzoyl Peroxide Sebagai Spot Treatment

Cara mengatatasi jerawat meradang yang  berikutnya yaitu kalian dapat melakukan spot treatment.

Nah, apa sih spot treatment itu?

Jadi, Spot treatment merupakan cara pengobatan  dengan cara dioles pada area berjerawat saja. Salah satu obat jerawat oles yang bisa digunakan untuk jerawat batu yaitu produk yang mengandung benzoyl peroxide.

Benzoyl peroxide sendiri dikenal sebagai bahan kimia yang memiliki daya penetrasi tinggi, sehingga mampu teresap hingga pada lapisan kulit dan mengempeskan jerawat batu.

Selalu Gunakan Pelembap

Cara mengatasi jerawat meradang yang ke empat yakni dengan rajin menggunakan pelembap pada wajah.

Pada dasarnya, jenis kulit yang memiliki kadar minyank yang tinggi memiliki potensi lebih besar untuk terkena masalah jerawat.

Untuk itu, rutin menggunakan pelembang dianggap menjadi salah satu hal tepat dalam mengatasi masalah jerawat, khususnya jerawat batu.

Kamu bisa memilih produk pelembab yang mengandung klaim oil-free dan non-comedogenic yang dapat membantu wajah tetap sehat dan mencegah produksi minyak secara berlebihan.

Kompres Dengan Es Batu

Cara mengatasijerawat batu berikut nya yaitu dengan menggunakan cara alami, seperti menggunakan es batu.

Kalian dapat mengompres area yang ditumbuhi jerawat batu dengan es batu di rumah secara rutin.

Suhu dingin pada es batu dipercaya dapat membantu meredakan peradangan dan tampilan kemerahan pada jerawat batu yang meradang.

Cara nya adalah dengan membukus es batu menggunakan handuk kecil atau kain yang bersih, lalu kompres pada area kulit yang bermasalah.

Obat Isotretinoin

Nah, cara mengatasi jerawat meradang yang lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat yang mengandung isotretinoin.

Perlu kalian ingat bahwa, sebelum mengkonsumsi obata yang satu ini kalian harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin saja terjadi.

Obat yang satuini memang dikenal dapat membantu menghilangkan jerawat batu yang membandel di kulit secara permanen dan tuntas.

Isotretinoin sendiri berfungsi untuk menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan.

Ganti Sprei Secara Teratur

Cara mengatasi jerawat meradang berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan barang-barang di sekitar kalian, khususnya untuk barang yang akan bersentuhan langusung dengan kulit.

Salah satu barang yang harus kalian perhatikan kebersihannya adalah sprei kasur.

Pada umumnya kondisi sprai yang kotor akan memperbesar potensi muncul nya masalah jerawat pada kulit kalian.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah kulit jerawat, khususnya jerawat batu.

Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian ya, terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Komentar