Batuk Berdahak : Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Secara Alami Pada Anak

Batuk Berdahak : Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Secara Alami Pada Anak

Tahukah kamu? Batuk adalah suatu respon yang diberikan oleh tubuh terhadap masuknya benda asing kedalam sistem pernafasan.

Masuknya benda asing kedalam sistem pernafasan seperti debu, polusi, dan allergen (zat pemicu alergi) memicu otak untuk mengirimkan sinyal melalui syaraf tulang belakang ke otot-otot pada dada dan juga perut.

Ketika otot sudah menerima sinyal tersebut dan melakukan kontraksi, maka udara akan menyembur keluar dari sistem pernafasan dan mendorong keluar benda asing tersebut, peristiwa inilah yang sering kita sebut dengan batuk.

Pada umumnya penyakit batuk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk kering merupakan kondisi dimana penderita tidak memproduksi dahak atau zat lendir pada tenggorokan, sehingga bersifat kering.

Sedangkan batuk berdahak merupakan kebalikan dari batuk kering. Pada batuk berdahak, penderita akan memproduksi lendir pada tenggorokan nya.

Batuk kering maupun batuk berdahak dapat dialami oleh semua orang dan di segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa dapat terkena penyakit ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab batuk berdahak dan cara mengatasi batuk secara alami pada anak. Penasaran apa saja? Mari kita bahas.

1. Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak

Pada umumnya, batuk berdahak terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Pada saat saluran pernafasan sedang terinfeksi virus atau bakteri, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir, dimana lendir tersebut bertujuan untuk menjebak serta mengeluarkan segala organisme yang menjadi penyebab infeksi.

Oleh karena itu, jika anak sedang mengalami batuk berdahak dianjurkan untuk membuang dahak nya agar mempercepat penyembuhan. Se bisa mungkin untuk menghindari menelan kembali lendir yang diproduksi ketika batuk karena dapat memperlambat proses penyembuhan.

2. Cara Mengatasi Batuk Secara Alami Pada Anak

Konsumsi Madu

Cara mengatasi batu secara alami pada anak yang pertama yakni dengan memanfaatkan bahan alami madu.

Madu dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat mengatasi batuk berdahak.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, ternyata kandungan dalam madu dapat mengatasi penyakit batu lebih efektif dibandingkan dengan obat yang mengandung dextromethorphan, zat yang meredakan rasa batuk.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, madu ternyata dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan tidur pada anak di malam hari akibat infeksi saluran pernafasan.

Cara menggunakan madu untuk mengatasi batuk yaitu cukup dengan mencampur dua sendok teh madu, air lemon, serta air hangat untuk dikonsumsi oleh anak. Namun, ada juga pilihan lain, yakni cukup mengoleskan madu pada roti tawar.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa madu sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada bayi yang masih dibawah usia 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme, kondisi dimana tubuh bayi mengalami keracunan akibat bakteri Clostridium botulinum.

Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi batuk secara alami pada anak yang lainnya adalah dengan memberi istirahat yang cukup pada anak.

Dengan istirahat yang cukup, kekebalan tubuh pada anak akan semakin meningkat, sehingga sel imun dapat membasmi kuman penyebab batuk secara efektif.

Manfaat Uap

Cara mengatasi batuk secara alami pada anak  berikutnya adalah dengan memanfaatkan uap.

Caranya cukup mudah. Kalian dapat membiarkan pancuran air panas pada kamar mandi mengalir selama 20 menit dalam kondisi pintu kamar mandi yang tertutup.

Setelah dirasa kamar mandi telah beruap, maka kalian dapat mendudukkan anak sekitar 20 menit. Hal ini bertujuan untuk membantu anak supaya dapat bernafas dengan lega, melegakan tenggorokan, hingga mengencerkan dahak.

Penuhi Cairan Tubuh

Cara mengatasi batuk secara alami pada anak berikut nya adalah dengan menjaga tubuh anak agar tetap dalam kondisi terhidrasi.

Caranya, kalian cukup memastikan anak mengkonsumsi air putih dengan cukup, yakni sekitar 6-8 gelas per harinya.

Tidak hanya itu, kalian dapat memberikan anak sup hangat dipagi hari untuk mengurangi rasa sakit pada dada yang diakibatkan saat batuk.

Lembapkan Udara

Cara mengatasi batuk secara alami pada anak berikut nya adalah dengan melembapkan udara disekitar anak.

Caranya kalian cukup menggunakan humidifjer atau pelembab udara untuk mengeringkan dahak yang terdapat pada tenggorokan anak.

Dengan berkurangnya produksi lendir pada tenggorokan, akan membuat anak dapat bernafas lebih lega lagi.

Jus Lemon Hangat

Cara mengatasi batuk secara alami pada anak yang lainnya adalah dengan memanfaatkan jus lemon hangat.

Lemon memang dipercaya sejak dahulu kala dalam mengatasi batuk berdahak. Namun tidak hanya itu, mengkonsumsi jus buah yang satu ini ternyata juga dapat mengatasi pilek seta infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan.

Caranya cukup mudah, kalian cukup memberikan satu sendok air lemon hangat pada anak per 3 jam sekali, namun tentu harus dibarengi dengan pemberian air putih yang hangat karena kemungkinan air lemon dapat memberikan rasa perih akibat mengenai luka tenggorokan yang disebabkan saat batuk.

Manfaatkan Air Garam

Cara mengatasi batuk secara alami pada anak  yang dapat kalian coba yakni dengan memanfaatkan air larutan garam.

Air garam dipercaya sangat ampuh untuk mengencerkan dahak, meredakan sakit tenggorokan, serta dapat membunuh kuman yang bersarang di mulut.

Caranya kalian dapat melarutkan air garam, kemudian berikan pada anak untuk di kumur kan pada mulut. Hindari jangan sampai air kumur tertelan oleh anak.

Nah, itulah sekilas pembahasan kita mengenai penyebab batuk berdahak dan cara mengatasi batuk secara alami pada anak.

Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat buat kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Komentar