Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Pada Anak

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Pada Anak

Sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang sangat mengganggu, khususnya pasa saat makan dan berbicara.

Adanya luka diarea mulut menghasilkan rasa perih, terlebih pada saat kita sedang makan hingga ketika kita berbicara.

Pada umumnya, penyakit sariawan dapat dialami oleh semua orang, mulai dari orang tua, remaja, hingga anak-anak pun dapat mengalami sariwan.

Sariawan pada anak-anak dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam alasan. 

Pada umumnya, sariawan disebabkan oleh stress, infeksi mulut akibat terluka saat makan, kekurangan vitamib dan juga mineral, serta alergi pada suatu bahan makanan juga dapat menyebabkan sariawan pada anak.

obat yang digunakan untuk mengatasi sariawan bermacam-macam, mulai dari obat Apotik hingga obat alami.

Namun, untuk mengobati sariawan khususnya sariawan pada anak-anak, kalian cukup memanfaatkan bahan-bahan alami saja agar terhindar dari efek samping akibat ketidakserasian obat.

Untuk itu, pada kesempatan kita kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati sariawan secara alami pada anak. Penasaran apa saja itu? Mari kita bahas satu per satu.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Pada Anak 

1. Madu

Cara mengobati sariawan secara alami untuk yang pertama adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti madu.

Madu diperkaya dengan kandungan anti-mikrobanya, sehingga sangat bagus jika digunakan untuk mengatasi luka pada mulut, seperti sariawan pada anak.

Pengobatan sariawan dengan menggunakan madu dapat dilakukan pada anak yang berusia satu tahun keatas ya, jika masih belum berusia genap satu tahun pengobatan ini tidak dianjurkan.

Pengobatan sariawan dengan madu dapat dilakukan dengan cara mengoleskan madu pada luka yang ada dimulut.

2. Kunyit

Cara mengobati sariawan anak yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan kunyit.

Kunyit dikenal dengan sifatnya yang anti-inflamasi, antiseptik, dan anti-bakteri, sehingga dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Cara pengobatan sariawan dengan memanfaatkan kunyit yaitu dengan menghaluskan kunyit dan diberikan sedikit tambahan air sehingga tekstur nya berupah menjadi seperti pasta. 

Setelah itu kalian dapat mengoleskannya ke area yang terkena penyakit sariawan. Kalian juga dapat memanfaatkan air perasan kunyit ini untuk diberikan kepada anak, namun dengan ditambah sedikit madu.

3. Kelapa

Cara mengobati sariawan pada anak yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan kelapa.

Bagian kelapa, mulai dari air, santan, hingga minyak kelapa ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sariawan.

Caranya cukup mudah. Jika kalian memanfaatkan airnya, maka kalian dapat langsung member air kelapa kepada anak untuk diminum langsung.

Jika kalian menggunakan santannya, kalian dapat memberikan air santan kepada anak untuk digunakan sebagai obat kumur.

Nah, jika yang kalian gunakan adalah minyak kelapa, maka kalian cukup mengoleskan minyak kelapa ke area mulut yang ditumbuhi sariawan.

4. Daun kemangi

Cara mengobati sariawan secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun kemangi.

Daun yang satu ini dikenal sebagai salah satu obat herbal yang ampuh untuk mengatasi masalah mulut seperti sariawan.

Daun kemangi juga dipercaya dapat mengatasi stress pada anak, sehingga sariawan tidak akan timbul lagi.

Cara pengobatan sariawan dengan menggunakan daun kemangi dapat dilakukan dengan cara mengunyah beberapa daun kemangi dengan air hangat dalam beberapa kali sehari.

5. Lidah buaya

Cara mengobati sariawan anak berikutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya.

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengatasi masalah sariawan pada anak karena memiliki sifat anti-bakteri yang baik untuk menjaga kesehatan gusi.

Cara pengobatan sariawan dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil gel lidah buaya kemudian oleskan pada area mulut yang ditumbuhi oleh sariawan.

Atau, kalian juga dapat mencampurkan gel kedalam air dingin kemudian beri pada anak untuk dikumur-kumurkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat melakukannya sebanyak tiga kali dalam sehari.

6. Akar manis

Cara mengobati sariawan pada anak berikutnya adalah dengan memanfaatkan akar manis.

Akar manis dikenal dengan sifat demulcent (meringankan) dan anti-inflamasi yang dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak di sekitar sariawan. 

Caranya kalian cukup merendam satu sendok makan akar manis ke dalam 2 gelas air, gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari. 

Nah, itulah beberapa cara mengobati sariwan secara alami pada anak. Semoga penjelasan kita kali ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Komentar