Cacar Air Pada Anak : Gejala dan Cara Mengobatinya

Cacar Air  Pada Anak : Gejala dan Cara Mengobatinya

Cacar air adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit yang satu ini tergolong kedalam sebuah penyakit yang dapat menular kepada orang lain.

penyakit cacar air dapat terjadi pada semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Penyakit yang satu ini dapat dikenali dengan munculnya ruam pada kulit. Tidak hanya itu, jika kalian terkena penyakit yang satu ini akan muncul gejala yang mirip seperti penyakit flu ringan, seperti demam, sakit kepala, mual, hingga kehilangan nafsu makan.

Walaupun cacar air sering dikategorikan ke dalam penyakit yang tidak berbahaya, namun kalian khususnya para ibu juga harus sigap dalam mengatasi penyakit yang satu ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak.

Gejala dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak

1. Gejala Cacar Air Pada Anak

Terdapat beberapa gejala yang akan timbul ketika anak menderita penyakit cacar air, seperti munculnya ruam cacar pada sekujur tubuh si anak.

Pada awalnya ruam ini hanya akan berbentuk bintik merah, namun seiring berjalannya waktu bintik kecil ini akan membesar dan berisikan cairan air pada wajah si anak.

Namun, bintik ini akan segera menyebar kearea dada, perut, dan seluruh tubuh, termasuk mulut, tenggorokan, kulit kepala, dan area sekitar alat kelamin.

Secara umum, cairan yang terdapat di dalam bintik ini akan mulai mongering dan mengerak dalam kurun waktu 1-2 hari.

2. Cara Mengobati Cacar Air pada Anak

Pada umumnya, penyakit cacar air dapat sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Namun, walaupun dapat sembuh dengan sendirinya, jika penyakit ini tidak diobati tentu akan membuat perasaan yang tidak nyaman, khususnya pada anak.

Pengobatan penyakit cacar dapat dilakukan dengan cara memberikat obat paracetamol atau obat antihistamin, seperti chlorphenamine. Hal ini bertujuan untuk menurunkan demam pada anak akibat efek samping dari cacat air.

Namun, pemberian obat sejenis itu harus sesuai dengan anjuran dan juga resep ya.

Selain mengkonsumsi obat, kalian juga dapat melakukan beberapa hal lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan pada cacar air.

Nah, ada beberapa cara mengobati cacar pada anak, penasaran apa saja itu? Yuk kita bahas.

Menjaga asupan cairan tubuh

Cara mengobati cacar air yang pertama adalah dengan memastikan bahwa anak mendapatkan asupan cairan dalam tubuh yang cukup.

Kalian dapat memberikan asupan kepada anak berupa air susu ibu (ASI), susu formula, atau air putih.

Namun, apabila anak sudah mengkonsumsi jenis makanan yang padat, maka sup hangat dapat menjadi pilihan yang tepat.

Mengoles lotion

Cara mengobati cacar air pada anak yang berikutnya adalah dengan mengoleskan lotion ke tubah yang ditumbuhi oleh cacar air.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Sebagai rekomendasi, kalian dapat menggunakan sejenis lotion calamine kepada anak. Lotion yang satu ini akan memberikan sensasi dingin pada kulit.

Memakaikan sarung tangan

Cara mengobati cacar pada anak yang berikutnya adalah dengan memakaikan sarung tangan kepada anak.

Hal ini bertujuan untuk menghindari penuularan cacar air kebagian tubuh yang lain ketika anak menggaruk bagian cacar yang gatal.

Namun, sebelum kalian memakaikan si anak sarung tangan, terlebih dahulu kalian harus memotong kuku si anak ya, untuk menghindari luka yang disebabkan saat cacar digaruk.

Memilih pakaian yang nyaman

Cara mengobati cacar air yang berikut nya adalah dengan memakaikan sianak pakaian yang nyaman.

Hal ini bertujuan untuk menghindarkan anak dari iritasi kulit, sehingga dianjurkan untuk memilih pakaian yang longgar, lembuut, dan juga berbahan katun.

Memandikan dengan air hangat

Cara mengatasi cacar pada anak yang berikutnya adalah dengan memandikan anak dengan air yang bersuhu hangat.

Pada saat memandikan anak, kalian harus membersihkan tubuh si anak menggunakan sabun secara lembut dan hati-hati ya agar tidak membuat kulit anak menjadi iritasi.

Nah, itulah penjelasan singkat kita mengenai cacar air dan cara mengobati cacar air pada anak. Semoga penjelasan kita pada kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, selamat mencoba.

Komentar