Gagal Ginjal: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya


Gagal ginjal adalah kondisi di mana satu atau kedua ginjal tidak bisa lagi berfungsi dengan baik. Penyakit ginjal juga dapat menjadi kondisi yang akan memburuk perlahan dalam waktu yang lama.

Penyakit ginjal dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni gagal ginjal kronis dan akut. Perlu kita ingat bahwa ginjal merupakan sepasang organ yang terletak di daerah punggung bawah tubuh. Organ itu memiliki beberapa fungsi penting pada tubuh, salah satunya seperti membuang racun atau limbah dari tubuh.

Racun tersebut nantinya akan masuk ke kandung kemih dan dibuang ketika seseorang buang air kecil. Jika ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring limbah atau racun dari darah maka gagal ginjal akan terjadi.

Lantas apa saja penyebab, gejala dan cara mencegah gagal ginjal. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab

Umumnya penyebab penyebab ginjal akut terjadi karena berkurangnya aliran darah ke ginjal sehingga memicu tersumbatnya saluran urine dan kerusakan langsung di ginjal.

Berikut ini beberapa penyebab gagal ginjal yang perlu kita ketahui di bawah ini:

Diabetes: Diabetes dapat merusak pembuluh darah di ginjal dan menyebabkan kerusakan pada organ ini.

Tekanan darah tinggi: Tekanan darah tinggi dapat memperburuk fungsi ginjal, dan gagal ginjal juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Penyakit autoimun: Beberapa penyakit autoimun, seperti lupus, dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Pola makan yang buruk: Pola makan yang buruk, seperti makan makanan tinggi garam dan lemak, dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Penggunaan obat-obatan tertentu: Beberapa obat, seperti NSAID, dapat merusak ginjal jika digunakan dalam jangka panjang atau dalam dosis yang tinggi.

Gejala

Pada awalnya, penyakit ginjal seringkali tidak spesifik dan bisa disebabkan oleh penyakit lain. Bahkan, beberapa orang yang mengalami gagal ginjal kronis tidak merasakan gejala apapun.

Kondisi ini disebabkan oleh ginjal yang mudah beradaptasi dan mudah mengatasi kehilangan fungsi. Akibatnya, gejala penyakit ginjal mungkin tidak akan muncul sampai kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terjadi.

Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal yang perlu kita ketahui di bawah ini:

Sering merasa lelah dan lemah

Berkurangnya nafsu makan

Mual dan muntah

Sakit kepala

Kesulitan tidur

gatal-gatal pada kulit

pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan sekitar mata

Sakit di bagian dada

Nyeri punggung

Sakit perut

Untuk mencegah gagal ginjal, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

Menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tetap stabil

Memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta menghindari makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi

Rutin berolahraga

Menghindari penggunaan produk tembakau dan alkohol

Mengonsumsi cukup air setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal

Hindari penggunaan obat-obatan tertentu dalam dosis tinggi atau jangka panjang

Jika seseorang mengalami gejala gagal ginjal, sebaiknya segera berobat untuk mendapatkan tindakan medis di rumah sakit terdekat agar bisa mendapat penanganan yang tepat. Penanganan gagal ginjal dapat melibatkan pengubahan gaya hidup, perubahan diet, pengobatan dan dalam beberapa kasus transplantasi ginjal.

Tidak ada komentar