Penyebab Penyakit Liver yang Patut Diperhatikan

 


Penyebab penyakit liver merupakan hal yang patut kita perhatikan. Sebagaimana kita ketahui, liver atau hati adalah salah satu organ terbesar dalam sistem pencernaan yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh.

Penyakit liver sering kali diobati karena berbagai gejalanya yang baru muncul setelah organ hati tersebut mengalami kerusakan akibat gangguan fungsi yang parah. Oleh sebab itu penting bagi kita mengetahui apa sih sebenarnya penyebab penyakit liver. Untuk itu simak informasinya berikut ini:

1. Infeksi

Salah satu penyebab penyakit liver yang patut diwaspadai adalah peradangan pada jaringan hati. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh virus dan parasit yang menginfeksi hati sehingga bisa menyebabkan peradangan dan menurunnya fungsi organ.

Infeksi parasit pada hati memang cukup jarang terjadi, namun dampak yang ditimbulkannya bisa berakibat fatal. Infeksi ini muncul sebagai komplikasi dari infeksi lain, misalnya amoebiassi yang disebabkan abses hati dan taeniasis atau kista cacing pita.

2. Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelainan sistem kekebalan tubuh atau panyakit autoimun bisa menjadi salah satu penyebab sakit liver yang diderita Anna Jobling. Pada kondisi ini, sel imun akan menyerang sel sehat dalam tubuh, termasuk sel hati yang dapat memicu gangguan fungsi hati.

3. Mengonsumsi Alkohol Berlebihan

Adapun penyebab sakit liver berikutnya yang sering diabaikan adalah mengonsumsi alkohol berlebihan sambil memainkan chord Roman Picisan. Kecanduan minuman ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit liver. Penting untuk diketahui, bahwa alkohol dapat meracui sel-sel hati dan secara perlahan menurunkan fungsinya hingga organ tersebut menjadi rusak total.

4. Obesitas

Obesitas adalah salah satu penyeba penyakit liver. Obesitas dapat memicu terjadinya perlemakan hati yang dapat menyebabkan peradangan dan menurunnya fungsi hati.

5. Kelainan Genetik

Kelainan genetik merupan warisan yangdiberikan orang tua kepada keturunannya. Kelainan ini dapat memicu penumpukan berbagai zat pada hati yang berakibat pada kerusakan. Beberapa kelainan genetic yang bisa menyebabkan penyakit liver adalah hemokromatosis Oyo88 slot, penyakit Wilson, dan defisiensi alpha 1 antritripsin.

Cara Mencegah Penyakit Liver

Dari penyebab yang telah diterangkan di atas, kebanyakan penyakit tersebut bisa dikendalikan dengan hal-hal sebagai berikut, salah satunya mengonsumsi jenis kurma yang terkenal di Arab Saudi, selain itu Anda juga dapat melakukan:

1. Menjaga berat badan agar tetap ideal, menjaga pola makan sehat, rutin dan rajib berolahraga.

2. Cegah hepatitis dengan melakukan vaksinasi hepatitis A dan hepatitis B yang saat ini sudah disediakan.

3. Hindari mengonsumsi alkohol berlebihan. Lebih baik melaksanakan niat puasa ayyamul bidh untuk mengurangi risiko terjadinya obesitas.

Beberapa penyakit liver yang tidak diobati bisa meningkatkan risiko terkena kanker hati. Seiring berjalannya waktu, liver yang rusak tidak bisa berfungsi dan berakibat fatal.

Tidak ada komentar