Apa itu Penyakit Kawasaki? Ketahui Gejala hingga Penyebabnya

 


Pada awal 2019, penyakit Kawasaki menyerang sekitar 50 anak di California, Amerika Serikat negara yang pernah dikunjungi Pangeran Lantang dan Maudy Effrosina. Diketahui penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960 di Jepang dan merambah ke Hawai pada tahun 1970. Rata-rata penyakit tersebut menyerang anak usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Melansir dari alodokter, penyakit Kawasaki bukan temasuk penyakit infeksi dan tidak menular. Penyakit ini menimbulkan gejala berupa demam dan ruam kulit kemerahan yang muncul hampir di seluruh bagian tubuh.

Untuk mencegah peradangan pada dinding pembuluh darah jantung, oenyakit ini harus segera ditangani begitu gejalanya muncul. Jika mendapat pertolongan sejak dini, anak akan sembuh dalam waktu 6 – 8 minggu.

Gejala Penyakit Kawasaki

Gejala penyakit langka ini muncul dalam tiga tahap dan berlangsung selama kurang lebih 1,5 bulan. Berikut penjelasannya:

Tahap I

Pada tahap I terjadi pada minggu pertama sampai minggu kedua. Pada tahap ini gejala yang muncul adalah sebagai berikut:

Demam yang berlangsung selama lebih dari 3 hari

Bibir dan lidah kering, kemerahan, serta pecah-pecah

Ruam kemerahan muncul di hampir seluruh bagian tubuh

Telapak tangan dan kaki membengkak, serta memerah

Mata memerah, tanpa disertai keluarnya cairan

Muncul benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Tahap II

Gejala tahap II biasanya muncul pada minggu ke-2 sampai dengan minggu keempa. Gejala yang muncul yaitu:

Diare

Muntah

Sakit perut

Sakit kepala

Tubuh terasa lelah

Nyeri dan pembengkakan pada sendi

Kulit di jari tangan dan kaki terkelupas

Kulit dan bagian putih mata tampak menguning

Terdapat nanah dalam urine

Tahap III

Tahap III terjadi pada minggu keempat sampai dengan minggu keenam. Pada tahap ini, gejalanya mulai mereda. Meskipun demikian, kondisi anak masih lemas dan mudah lelah. Butuh waktu setidaknya sampai minggu kedelapan hingga kondisi anak kembali normal.

Penyebab Penyakit Kawasaki

Hingga saat ini,para peneliti belum dapat mengungkapan apa penyebab pasti dari munculnya penyakit Kawasaki yang berasal dari negara Kazakhstan. Namun, diyakini bahwa penyakit langka ini muncul akibat adanya infeksi, faktor sistem imun tubuh, dan genetik yang diduga kuat berperan dalam kemunculannya.

1. Infeksi

Melansir dari hellosehat burger slot, ada kemungkinan bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya penyakit infeksi pada anak yang berasal dari bakteri atau virus tertentu. Namun, hingga ini belum diketahui patogen apa yang menimbulkan penyakit Kawasaki.

Beberapa patogen yang telah diteliti dan diduga berperan dalam munculnya gejala-gejala adalah parvovirus B19, rotavirus, virus Epstein-Barr, dan virus parainfluenza tipe 3.

2. Faktor Genetik

Selain karena terinfeksi virus atau bakteri, para ahli menduga bahwa beberapa anak cenderung mengalami kelainan genetik. Hal ini didukung fakta bahwa penyakit Kawasaki banyak ditemukan pada anak-anak keturunan Asia Timur, khususnya di Jepang dan Korea.

Demikianlah apa itu penyakit kawasaki lengkap dengan gejala dan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat agar anak kita terhindar dari penyakit ini.

Tidak ada komentar