Cara Cepat Menurunkan Demam Pada Anak

Cara Cepat Menurunkan Demam Pada Anak

Demam pada anak merupakan ha yang sangat umum terjadi, namun walaupun begitu diperlukan penanganan yang tepat dan cepat untuk menghindari ha-hal yang tak diinginkan.

Pengobatan penyakit demam pada anak umumnya dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan mengonsumsi obat dan yang kedua tentunya dengan memanfaatkan cara alami.

Pengobatan dengan mengonsumsi obat memang bukan hal yang salah, selagi berdasarkan anjuran dari dokter, namun tetap saja sedikit banyak akan memberikan efek samping pada anak.

Selagi masih bisa, dianjurkan untuk melakukan pengobatan alami saja, karena selain dapat menghindari efek samping, bunda juga tak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Lantas, sudah tahu belum cara cepat menurunkan demam pada anak? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya. Yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Cara Cepat Menurunkan Demam Pada Anak

1. Kompres hangat pada dahi dan ketiak serta lipatan inguinal

Kompres hangat merupakan  cara yang umum dilakukan untuk menurunkan demam pada anak tanpa obat. Ibu dan ayah dapat memberikan pertolongan pertama untuk meredakan demam ini  dengan menekan dahi, ketiak atau lipatan selangkangan, di mana banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.

Ibu bisa menggunakan sebungkus kain kecil yang  direndam dalam air biasa atau suam-suam kuku. Sebaiknya hindari mengemas air dingin ya Moms, karena bisa menyebabkan vasokonstriksi dan menaikkan suhu tubuh bayi.

Kemudian kompres hangat pada  tubuh anak selama 10-15 menit dan ulangi prosedur lagi jika tubuh anak masih terasa panas.

2. Mandi atau mencuci dengan air panas

Selain bungkus handuk, mandi air panas bisa menjadi pilihan berikutnya untuk menurunkan demam  anak tanpa obat.

Hindari memandikan bayi dengan air dingin karena dapat menyebabkan kedinginan, yang dapat meningkatkan suhu tubuh bayi.

Jika anak Anda menolak untuk mandi, jangan khawatir, Bu. Anda bisa mencoba cara alami lain untuk menurunkan demam anak Anda dengan membersihkan tubuhnya dengan handuk hangat.

Basahi waslap atau handuk  lalu gosokkan sedikit pada tubuh anak. Dapat membuat tubuh lebih nyaman, rileks dan membantu menurunkan demam.

3. Kenakan pakaian berwarna terang

Setelah memandikan bayi Anda, Anda harus menghindari memakai pakaian berlapis-lapis. Tujuannya mungkin  untuk menghangatkan tubuh anak agar tidak kedinginan setelah mandi. Tapi mengenakan pakaian tebal memerangkap panas di tubuhnya. Jadi pakailah pakaian yang dingin dan tipis agar panas bayi cepat hilang. Jika anak Anda kedinginan, Anda bisa memberinya selimut sampai ia kembali hangat.

4. Perbanyak minum air putih

Saat suhu tubuh anak naik (panas), tubuh  lebih mudah mengalami dehidrasi. Jika tidak ditangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan  anak  lebih cepat mengalami dehidrasi.

Anda bisa memberi anak Anda banyak air minum untuk mencegah dehidrasi dan menurunkan demam pada anak. Selain air mineral, Mama juga bisa memberikan yoghurt atau es mamba.

Jika bayi masih disusui secara eksklusif,  lanjutkan menyusui, Bu. Hal ini karena ASI mengandung sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah  reaksi alergi, diare, radang paru-paru dan infeksi lain pada tubuh bayi.

Untuk anak yang  lebih besar, Ibu bisa memberikan sup ayam panas, yang terdiri dari berbagai sayuran dan mengandung protein. Sangat bermanfaat dalam membantu si kecil melawan infeksi dalam tubuh dan menurunkan demam bayi secara alami.

Tapi jangan beri minuman berkafein seperti teh, coklat atau soft drink ya. Karena minuman jenis  ini bisa menyebabkan anak buang air kecil terus-menerus, yang bisa meningkatkan gejala dehidrasi pada anak.

5. Istirahat yang Cukup

Cara yang tak kalah penting untuk menurunkan demam pada anak secara alami  adalah dengan memastikan mereka cukup istirahat  sampai demam benar-benar turun, ya bu. Pastikan juga suhu ruangan membuat nyaman dan sirkulasi udara di dalam ruangan bekerja dengan baik.

6. Makan Buah

Makan buah juga merupakan cara mudah menurunkan demam pada anak secara alami, yang bisa Anda lakukan di rumah. Pilih buah yang kaya  antioksidan dan vitamin C untuk membantu anak  melawan infeksi  demam.

Misalnya jeruk, lemon, jambu biji atau pepaya. Berikan si kecil satu atau lebih jenis buah-buahan ini sebagai camilan.

7. Gosok Bawang Merah

Menutupi telapak kaki anak dengan bawang merah diduga merupakan cara alami untuk menurunkan demam pada anak. Bahan dapur ini  menurunkan suhu tubuh dan menghilangkan rasa sakit.

Kalian dapat memotong semanggi merah menjadi dua bagian dan kemudian menyebarkannya pada telapak kaki bayi. Lakukan langkah ini sekitar dua kali sehari untuk membantu mengalahkan dan menurunkan demam.

8. Mandi dengan jahe

Jahe dipercaya sebagai cara alami menurunkan demam pada anak, karena konon bisa membunuh bakteri  demam dan meningkatkan produksi keringat pada anak. Berkeringat setelah mandi  mengurangi panas tubuh dan membuang racun.

Ambil dua sendok makan jahe giling dan masukkan ke dalam bak mandi yang berisi air panas. Aduk bubuk jahe  sampai larut. Kemudian segera cuci bayi.

Kompres hangat merupakan salah satu cara menurunkan demam pada anak tanpa obat yang umum dilakukan. Pertolongan pertama untuk meredakan demam ini dapat dilakukan Mama dan Papa dengan mengompres bagian dahi, ketiak, atau lipatan selangkangan, dimana banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.

Mama bisa menggunakan kompres dari handuk kecil yang sudah direndam di air biasa maupun air hangat suam-suam kuku. Sebaiknya, hindari kompres air dingin ya, Ma, karena bisa mengakibatkan pembuluh darah mengecil sehingga meningkatkan suhu tubuh anak.

Kemudian, cukup letakkan kompres hangat pada area tubuh anak selama 10-15 menit, dan ulangi lagi ketika tubuh anak masih terasa panas.

Tidak ada komentar