Gagal jantung: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya


Gagal jantung atau heart failure juga dikenal dengan gagal jantung kongestif. Terlepas dari namanya, kondisi ini bukan berarti jantung benar-benar berhenti bekerja, melainkan jantung tidak bisa berfungsi dengan baik.

Gagal jantung adalah kondisi serius di mana jantung tidak mampu memompa darah dengan efektif seperti biasanya. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh dan kekurangan suplai oksigen ke organ-organ vital.

Karena, gagal jantung dapat memiliki penyebab yang beragam dan gejala yang bervariasi. Namun, dengan pengetahuan yang tepat tentang penyebabnya, pengenalan gejalanya, serta cara pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko terkena kondisi ini. Yuk simak ulasan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Gagal Jantung

Berikut ini beberapa penyebab gagal jantung atau kelainan jantung, yaitu:

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah yang memasok jantung dengan darah mengalami penyempitan atau penyumbatan. Hal ini mengurangi aliran darah ke jantung dan dapat menyebabkan kerusakan pada otot jantung.

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Lama kelamaan, ini dapat melemahkan otot jantung bisa menjadi penyebab gagal jantung.

3. Penyakit Katup Jantung

Penyebab gagal jantung adalah kerusakan atau kelainan pada katup jantung dapat mengganggu aliran darah keluar atau masuk ke jantung, sehingga menyebabkan gagal jantung.

4. Gangguan Irama Jantung

Gangguan seperti aritmia atau detak jantung tidak teratur dapat menyebabkan gagal jantung jika tidak diobati.

5. Kerusakan Otot Jantung

Salah satu penyebab gagal jantung yaitu terjadi kerusakan otot jantung, sebab serangan jantung, infeksi, atau penyakit jantung tertentu dapat merusak otot jantung dan mengganggu fungsinya.

Gejala Gagal Jantung

Berikut ini beberapa gejala dari penyakit jantung yang perlu kita ketahui:

1. Sesak Napas

Kesulitan bernapas atau napas pendek, terutama saat beraktivitas atau berbaring bisa menjadi gejala gagal jantung.

2. Kelelahan

Mudah merasa lelah dan kelelahan yang berlebihan, bisa menjadi salah satu gejala penyakit gagal jantung.

3. Terjadi Pembengkakan

Gejala penyakit jantung terjadi Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut akibat penumpukan cairan, termasuk gejala penyakit gagal jantung

4. Nyeri Dada

Nyeri atau ketidaknyamanan pada dada, sering kali terasa seperti tekanan atau sesak. Hal ini menjadi gejala penyakit gagal jantung.

5. Detak Jantung Tidak Teratur

Jika detak jantung yang cepat, tidak teratur, bisa jadi salah satu gejala gagal jantung.

Secara umum, terdapat beberapa jenis gagal jantung, antara lain:

·         Gagal jantung sebelah kiri

Kondisi ini terjadi saat ventrikel sebelah kiri jantung tidak mampu memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga menyebabkan tubuh kekurangan darah yang mengandung oksigen.

·         Gagal jantung sebelah kanan

Kondisi ini terjadi saat adanya kerusakan pada ventrikel sebelah kanan jantung yang menyebabkan proses pengambilan oksigen di dalam paru-paru oleh darah tidak bisa berjalan semestinya.

·         Gagal jantung sistolik

Kondisi ini terjadi saat otot jantung tidak mampu berkontraksi dengan baik, akibatnya proses penyaluran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh terganggu.

·         Gagal jantung diastolik

Kondisi ini terjadi saat jantung sulit untuk terisi darah, sehingga terjadi akibat otot jantung mengalami kekakuan.

Cara Mencegah Gagal Jantung

Salah satu cara mencegah gagal jantung adalah mengonsumsi makanan sehat yang cukup mengandung zat besi, serta menghindari asupan garam yang berlebihan. Selain dari makanan seperti bayam, zat besi juga bisa didapatkan dari suplemen.

Berikut ini beberapa tips mencegah gagal jantung yang perlu kita ketahui:

1. Menjaga berat badan.

2. Berhenti merokok.

3. Membatasi konsumsi minuman keras.

4. Berolahraga secara teratur.

5. Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah pada batas sehat.

Itulah pembahasan mengenai gagal jantung, penyebab, gejala dan cara mencegahnya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar