5 Penyakit yang Sering Menyerang Anak

Sakit pada anak dianggap wajar karena sistem imun mereka belum berkembang sempurna, sehingga rentan terinfeksi virus dan bakteri. Meski begitu, sebagai seorang ibu tetap perlu menjaga kesehatan anak agar tumbuh kembangnya optimal, terutama pada 1000 hari awal kehidupannya. Lantas, apa sajakah penyakit yang sering menyerang anak? Simak ulasan berikut ini.

1. Diare

Diare disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain infeksi saluran pencernaan, keracunan atau alergi makanan, infeksi parasit, hingga penyakit iritasi usus. Saat anak diare, hal yang bisa dilakukan adalah tetap memberikannya makanan dan minuman, khususnya cairan yang mengandung garam dan elektrolit (oralit).

2. Demam

Demam merupakan gejala penyakit yang sering dialami anak. Ini karena seiring pertumbuhannya, demam adalah respon alami tubuh terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh anak. Misalnya, saat pertumbuhan gigi. Anaka dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celsius. Cara mengatasi demam dapat mengompres air hangat pada anak dan memberikan asupan makanan dan minuman yang banyak, menutupi seluruh tubuh dan memandikannya dengan air hangat.

Baca : Resep Olahan Ubi Ungu

3. Radang Tenggorokan

Jika anak mengidap radang tenggorokan, ia cenderung sulit untuk menelan, sehingga akan rewel saat hendak makan. Gejala lainnya adalah tenggorokan terasa kering dan gatal, sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot. penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, minum banyak air, berkumur air garam adalah cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi gejala radang tenggorokan pada anak.

4. Eksim

Eksim adalah kelainan kulit yang ditandai dengan peradangan atau pembengkakan pada kulit, serta kemerahan dan rasa gatal. Meski tidak menular, eksim bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang terkena. Untuk mengatasi eksim, ibu bisa mengoleskan obat oles dan pelembab sesuai anjuran dokter.

Baca : Pengertian Suhuf

5. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA adalah infeksi saluran pernapasan yang menyerang bagian atas, seperti hidung, tenggorokan, faring, laring, dan bronkus. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi birus dan bakteri. Gejala yang ditimbulkan antara lain; hidung tersumbat, bersin, batuk, demam, sakit kepala, kelelahan, dan sakit saat menelan. Saat anak mengidap ISPA, ibu bisa membantunya dengan membiarkan anak tidur cukup, banyak minum, menjaga kelembapan ruangan dalam rumah, mengoleskan petroleum jelly di bagian luar hidungnya, serta menjauhkan dari asap rokok atau hal lain yang bisa memicu ISPA.

Itulah lima penyakit yang sering menyerang anak. Semoga bemanfaat.

Baca : Doa Bangun Tidur

Tidak ada komentar