Kanker Usus : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kanker Usus : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit kanker usus merupakan salah satu penyakit yang dapat mempengaruhi cara kerjanya usus besar atau saluran pencernaan. 

Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia lanjut.Namun, tidak menutup kemungkinan mereka yang masih berusia muda tidak terserang penyakit ini.

Kanker usus pada umumnya terjadi karena, terbentuknya poip dibagian dalam usur besar. Seiring waktu, poip ini terus berkembang biak sehingga terbentuk menjadi sebuah kanker usus. 

Bagi anda penderita kanker usus biasanya mengalami sebuah gejala.Adapun gejala tersebut yakni, kebiasaan buang air besar yang tidak berlangsung selama beberapa hari, terjadi pendarahan rental, terdapat darah pada tinja, kram atau nyeri perut, mengalami kelelahan ekstim dan penurunan berat bada secara drastis.

Perhatikanlah gejala-gejala di atas, jika anda mengalami gejela tersebut segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter.Karena banyak diantara kita, yang tidak mengetahui gejala dan penyebab dari penyakit ini. 

Namun demikian, ada beberapa cara juga yang dapat anda lakukan untuk mengatasi  penyakit kanker usus ini. Didalam artikel ini akan kita bahas apa-apa saja penyebab dan cara mengatasi kanker usus.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kanker Usus

Penyebab

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa, kanker biasanya terjadi karena metasi genetik yang menyebabkan penumpukan sel abnormal. 

Penumpukan sel abnormal tersebut akan menjadi sebuah poip. Lambat laun poip tersebut akan semakin membesar dan menyerang sel normal disekitarnya.

Selain daripada itu, banyak juga faktor-faktor penyebab kanker usus.Apa sajakah penyebab kanker usus tersebut adalah

Memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas

Gaya hidup yang tidak sehat seperti, melakukan kebiasaan merokok

Terlalu banyak mengosumsi alkohol

Menderita diabetes tipe 2

Gaya hidup pasif dan,

Terlalu banyak mengosumsi makanan siap saji

Cara Mengatasinya

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa, banyak langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi atau mencegah kanker usus. Adapun langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi Aneka Sayur , Buah, Dan Biji-Bijian

Rutin dalam mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.Karena makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, serat, antioksida, yang dapat berperan dalam pencegahan kanker.Oleh karena itu, konsumsilah makanan tersebut agar tercegah dari penyakit kanker usus.

2. Kurangilah Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menimbulkan banyak penyakit.Salah satu penyakit yang dapat terjadi adalah kanker usus. Hal tersebut terjadi karena didalam alkohol terdapat kandungan zat yang memicu atau meningkatkan resiko terkena penyakit kaknker usus.

Oleh sebab itu, hidarilah sebisa mungkin mengonsumsi alkohol tersebut.Bagi pria, anda dapat mengonsumsi alkohol paling banyak dua gelas dalam sehari.Sedangkan bagi wanita, anda dapat mengonsumsi alkohol paling banyak satu gelas per hari.

3. Jauhi Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang disukai oleh semua kalangan.Namun, tanpa disadari merokok dapat membuat tubuh anda menjadi lemah dan rentan terkena oleh penyakit.Banyak sekali penyakit yang dapat ditimbulkan oleh terlalu sering merokok.

Salah satunya adalah penyakit kanker usus.Kondisi tersebut dapat terjadi karena, merokok jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal, dan berbagai jenis lainnya.Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk menjauhi kebiasaan merokok, agar terhindar dari penyakit kanker usus.

4. Rutin Melakukan Olahraga

Tubuh yang sehat merupakan tubuh yang rajin melakukan olahraga.Karena, olahraga dapat membantu kita menjaga kesehatan dan meminimalisir risiko kanker usus.Lakukanlah salah satu jenis olahraga yang anda nyaman untuk dilakukan.Kemudian, lakukan olahraga tersebut minimal 30 menit perharinya.

Begitulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah kanker usus. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar