Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sakit Gigi

Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sangat dibenci oleh semua orang karena memang rasanya sangat sakit dan dapat membuat sesorang merasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas.

Jika penyakit ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka penderitanya akan mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan dan juga berbicara, sangat mengganggu bukan?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gejala, penyebab, dan cara mengobati sakit gigi.

Pengertian Sakit Gigi

Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sakit Gigi

Pada umumnya sakit gigi merupakan sebuah kondisi dimana area disekitar gigi terasa sakit dan juga nyeri karena gusi mengalami iritasi pada sistem saraf dan juga area sekitar gusi.

Namun, penyebab yang paling umum yang menyebabkan munculnya nyeri pada gusi adalah terjadinya sebuah infeksi dan juga cidera yang membuat gigi kehilangan jaringan. Biasanya, nyeri ini juga dapat muncul sesaat setelah melakukan pencabutan gigi.

Gejala Sakit Gigi

Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sakit Gigi

ejala yang paling umum dihadapi oleh penderita sakit gigi adalah kerap merasakan nyeri pada bagian gigi dan juga rahangnya.

Rasa nyeri ini juga dapat muncul dikala kalian sedang mengkonsumsi makanan yang memiliki suhu yang panas dan juga dingin.

Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung selama kurang lebih 15 detik, walaupun hanya dalam bentuk rangsangan-rangsangan.

Pada saat gejala reaksi peradangan yang satu ini mengalami peningkatan, maka hal berikutnya yang dapat terjadi adalah peningkatan rasa sakit yang semakin menjadi-jadi.

Berikut ini beberapa gejala umum yang mungkin saja terjadi ketika kalian mengalami sakit gigi.

  • Nyeri saat mengunyah
  • Sensitif terhadap panas dan dingin
  • Pendarahan atau keluar cairan dari area gigi dan gusi
  • Bengkak merah di area gusi
  • Rahang yang membengkak
  • Cedera atau trauma pada area gigi
  • Muncul bau tidak sedap dari mulut

Nah, beberapa gejala diatas juga terkadang dikaitkan dengan adanya kerusakan yang terjadi di area sekitar gigi, seperti patah gigi atau penyakit gigi lainnya seperti periodontal.

Terjadinya kerusakan gigi atau area pada gusi juga dapat menjadi salah satu sumber nyeri yang biasanya dapat muncul di area mulut.

Penyebab Sakit Gigi

Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sakit Gigi

Pada umumnya, penyakit gigi ini biasanya akan terjadi karena tumbuhnya sebuah pulpa yang terdapat pada bagian tengah gigi.

Nah, pada pulpa ini terdapat sebuah area yang sangat sensitif terhadap sebuah rangsangan, tepatnya pada bagian ujung pulpa.

Hal tersebutlah yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada area mulut. Biasanya perdangan pada pulpa ini dapat diakibatkan karena kondisi gigi yang berlubang, trauma, dan infeksi pada gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab gigi berlubang pada umumnya adalah terjadinya kerusakan yang pada area sekitar gigi yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan juga berulang yang lama kelamaan dapat berujung dengan gigi berlobang.

Pada dasarnya gigi yang berlubang ini juga sering disebut dengan kries, yang penyebabnya adalah faktor kombinasi, beberapa diantaranya adalah terdapat bakteri di dalam area mulut karena sering mengkonsumsi makanan yang lengket dan juga mengkonsumsi minumas yang manis-manis namun jarang menyikat gigi sesudahnya.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh

Bahan alami yang dapat kalian gunakan untuk mengobati sakit gigi adalah minyak cengkeh yang sejak dahulu memang dikenal dengan khasiatnya yang dapat membantu meredahkan rasa nyeri yang disebabkan karena sakit gigi.

Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam cengkeh, seperti eugenol, yang dikenal sebagai antiseptik alami.

Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu menggunakan minyak cengkehnya saja. Cukup oleskan minyak cengkeh pada bola kapas, kemudia tempatkan di area yang sakit.

Kompres air es

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah sakit gigi adalah dengan mengompres area yang sakit menggunakan air es.

Kopresan dengan menggunakan air es diyakini dapat membantu meredakan rasa sakit, pembengkakan, serta peradangan pada sekitar area gigi dengan cara menghambat hantaran nyeri saraf.

Cara menggunakannya juga mudah, kalian hanya perlu meletakkan kompres yang sudah di rendam di air es terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit. Anda dapat berulangnya beberapa kali hingga rasa sakit menurun.

Kumur air garam

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan memanfaatkan air garam.

Air garam sedari dulu memang sudah diyakini dapat membantu mengatasi masalah sakit gigi dan juga dapat meredakan rasa nyeri dan ngilu yang disebabkan karena pembengkakan dan peradangan.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memasukkan sendok teh garam pada segelas air, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

Komentar