Katarak : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Katarak : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Mata adalah salah satu indra yang penting bagi manusia, melalui mata manusia bisa dengan baik melakukan kegiatan dikehidupan sehari-hari.

Akan tetapi banyak tantangan ataupun gangguan yang dialami terhadap penglihatan, mulai dari gangguan yang ringan hingga sampai pada gangguan yang berat, sehingga dapat menyebabkan kebutaan pada penglihatan.

Kebutaan karena katarak atau sering disebut kekeruhan lensa pada mata yang dimana ini merupakan masalah kesehatan yang sangat global, artiannya masalah ini sangat mendunia yang dengan cepat harus diatasi, karena kita tahu bahwa dengan kebutaan pada indra penglihatan dapat menyebabkan berkurangnya kualitas sumber daya manusia dan membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatannya.

Katarak juga tidak memandang umur, artiannya dapat terjadi pada semua umur. Penyakit ini merupakan penyakit yang mempengaruhi atau gangguan pada fungsi lensa.

Ini dapat terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan, sehingga lensa mata menjadi keruh dan sulit ditembus cahaya.

Penyakit katarak bisa terbentuk pada salah satu bagian mata dan juga pada kedua mata. Awal terbentuknya katarak, kita tidak bisa merasakan gejalanya. Namun, dengan berjalannya waktu, penglihatan kita jadi kabur, bahkan hingga mengakibatkan kebutaan.

Penyebab Penyakit Katarak

Katarak : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Penyebab penyakit katarak Paling umum penyebab katarak adalah proses penuaan. Karena yang kita lihat kebanyakan penderitanya adalah lansia. Akan tetapi ada beberapa penyebab penyakit katarak pada lensa mata, yaitu penyakit diabetes dan kebiasaan merokok.

1. Faktor umur

Dengan bertambahnya usia maka akan lebih besar kemungkinan mengalami gangguan penglihatan. Dengan umur yang semakin tua, maka mata akan menua, maka dari itu protein dan sel-sel mati yang ada pada lensa akan menumpuk dan membentuk gumpalan.

Gumpalan yang menumpuk akan menyebabkan lensa mata yang awalnya jernih secara perlahan menjadi berkabut, sehingga mengganggu penglihatan penderitanya.

2. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Diabetes juga merupakan salah satu penyebab penyakit katarak.

Meningkatnya kadar gula darah dalam waktu yang lama akibat diabetes dapat menyebabkan lensa mata mengalami pembengkakan, sehingga memicu pembentukan katarak pada mata.

3. Kebiasaan Merokok

Kita tahu bahwa dengan merokok dapat menyebabkan penyakit katarak pada mata. Semakin sering merokok maka semakin besar peluan untuk menderita penyakit katarak.

Karena dengan merokok dapat mengurangi cadangan antioksidan pada mata. Merokok juga dapat menyebabkan penumpukan logam berat, seperti cadmium, pada lensa mata. Hal ini dapat memicu timbulnya katarak pada mata.

4. Bawaan sejak lahir

Katarak yang terbentuk sebelum kelahiran atau selama satu tahun pertama kehidupan bayi disebut dengan katarak bawaan. Ini disebabkan bebrapa hal, seperti kelahiran premature, faktor keturunan, dan juga infeksi yang dialami ibu saat masa kehamilan.

Gejala Penderita Katarak

Katarak : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Ada beberapa gejala yang dialami penderita katarak, diantaranya:

  • Penglihatannya buram, kondisi ini biasanya muncul secara bertahap, dari yang sedikit buram lama kelamaan akan semakin parah.
  • Pandangan tidak jelas, terutama dimalam hari.
  • Sulit membedakan warna
  • Pandangan berbayang
  • Silau saat melihat cayang yang terang

Dari beberapa gejala diatas, hal yang harus dilakukan untuk mengatasi atau cara mencegah penyakit katarak adalah yang paling utama menjaga kesehatan tubuh.

Hal yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin berolah raga, dengan olah raga yang rutin maka akan menjaga berat badan yang ideal.

Disamping itu, membatasi mengonsumsi minuman yang mengandung alcohol dan menghetikan kebiasaan merokok.

Di usia yang semakin tua, perlu juga memeriksa kondisi mata dengan rutin, agar terhindar dari penyakit katarak dan juga melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Cara mengobati katarak

Katarak : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan dalam mengobati penyakit katarak.

1.  Menggunakan kaca mata atau lensa dengan resep yang tepat

Kalian harus melakukan pemerikasaan terlebih dahuku ke dokter spesaialis mata untuk mendapatkan resep kaca mata yang sesuai dan juga cocok untuk jenis mata yang kalian hadapi, agar nantinya kalian akan nyaman dalam menggunakan kacamata tersebut.

2. Melakukan perubahan gaya hidup

Gaya hidup yang buruk dan cenderung tidak tepat dapat menjadi salah satu pemicu yang paling utama kemunculan katarak pada mata. Untuk itu, kalian harus berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk kalian, seperti katarak misalnya untuk mendapatkan gaya hidup yang lebih sehat dan dapat terhindar dari beragam penyakit yang berbahaya lainnya.

3. Operasi katarak

Cara yang terakhir yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan operasi katarak mata. Langkah ini dapat kalian ambil jika ternyara keadaan sudah tidak memungkinkan lagi.

Komentar