Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Hitung tersumbat merupakan salah satu penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja, mulai dari orangtua, remaja, hingga anak kecil.

Masalah hidung sumbat pada anak kecil merupakansebuah hal yang dapat mengganggu aktivitas pada anak. Namun kalian tidak perlu khawatis karena masalah hidung sumpat pada anak dapat kalian atasi sendiri di rumah.

Umumnya hidung tersumbat terjadi karena rongga hidung mengalami pembengkakan dan juga iritasi. Namun, penyebab umum terjadinya penyakit ini karena anak terserang batu dan pilek.

pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara alami untuk membantu menghilangkan masalah hidung tersumbat pada anak. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

1. Berikan anak lebih banyak asupan cairan

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada anak adalah dengan memberikan banyak asupan cairan pada anak.

Kalian dapat memberikan cairan berupa air putih yang hangat, jus buah, maupun sup hangat untuk membantu proses pencairan lendir yang terdapat pada hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

Namun perlu kalian ketahui bahwa anak yang masih berusia dibawah 6 bulan dapat kalian berikan ASI saja ya.

2. Mandikan anak dengan air hangat

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak yaitu dengan memandikan anak dengan air hangat.

Memandikan anak dengan air hangat akan membuat anak merasa nyaman. Selain itu uap yang berasal dari air hangat tersebut akan membuka rongga hidung yang tersumbat, serta mencairkan lendir pada hidung sehingga anak dapat bernafas dengan lega.

Namun tidak hanya itu, kalian juga dapat mengatasi masalah hidung tersumbat pada anak dengan melakukan sebuah terapi uap.

Terapi uap ini dapat kalian lakukan dengan cara menghidupkan terlebih dahulu shower air hangat dan isi bak mandi dengan air panas.

Selanjutnya ajak anak ke kamar mandi yang sudah berisi uap air hangat sebelumnya, hal ini dipercaya dapat membuat anak dapat bernafas lebih lega lagi.

3. Atur posisi tidur anak

Cara berikutnya yang dapat kalian coba untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada anak adalah dengan mengatur posisi tidur anak.

Caranya kalian dapat menyuruh anak tidur dengan menggunakan dua bantal sekaligus agar rongga hidung akan terbuka dan anak dapat bernafas dengan lega.

Namun kalian harus memperhatikan kenyamanan si anak juga ya, jangan sampai kalian menggunakan terlalu banyak bantal yang dapat membuat si anak tidak dapat tidur dengan nyaman dan mengalami sakit pada leher.

4. Gunakan alat penyedot ingus

Cara berikutnya yang dapat kalian coba untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada anak adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus.

Salah satu alat yang dapat kalian gunakan untuk menyedot ingus adalah nasal aspirator, yang berfungsi untuk menyedot ingus yang menjadi salah satu faktor anak mengalami kesulitan untuk bernafas.

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, kalian hanya perlu membaringkan terlebih dahulu anak, kemudian teteskan larutan saline sebanyak 2–3 tetes ke masing-masing lubang hidung dan tunggu selama 60 detik guna mengencerkan lendir di dalam hidung yang tersumbat. Setelah itu, bantu anak untuk duduk kembali.

Selanjutnya kalian dapat memasukkan  pipet atau bagian ujungnya ke dalam hidung. Kemudian longgarkan tekanan pada alat nasal aspirator hingga lendir atau ingus pada hidung tersedot ke dalamnya.

5. Hindari paparan polusi udara

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak adalah dengan menghindari  anak dari paparan polusi udara secara langsung.

Apabila penyebab hidung tersumbat pada anak disebabkan karena anak mengalami alergi, maka kalian harus menjaga anak agar terhindar dari polusi serta debu yang dapat memicu hidung pada anak menjadi lebih meradang.

Jika diperlukan, kalian dapat menggunakan sebuah  humidifier guna menjaga udara di dalam rumah atau kamar Si Kecil tetap lembap.

Dengan kadar udara yang lebih lembab, hidung akan lebih sedikit mengeluarkan cairan serta lendir sehingga anak dapat bernafas lebih lega lagi.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Semoga penjelasan kita kali ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Komentar