Kenali Gejala Cacar Air Pada Anak Dan Obatnya Di Apotik

Kenali Gejala Cacar Air Pada Anak Dan Obatnya Di Apotik

Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa, remaja, hingan ank juga dapat terjangkit penyakit yang satu ini.

Pada umumnya, cacar air ini akan menyerang anak dengan rentang usia antara usia 5 sampai 9 tahun dan dapat menular melaui hembusan nafas dan juga kontak fisik.

Cacar air atau dalam dunia medis sering juga disebut dengan istilah varicella dan chicken pox dapat menular dengan cepat ke beberapa permukaan kulit.  90% kasus mengenai anak dibawah umur 10 tahun dan terbanyak pada umur 5-9 tahun.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal-hal seputar penyakit menular ini dan cara mengatasinya. Penasaran apa saja? Berikut penjelasnnya.

Penyebab Utama Cacar Air Pada Anak

Kenali Gejala Cacar Air Pada Anak Dan Obatnya Di Apotik

Sebelum adanya pemberlakuan vaksin ditahun 1995 yang lalu, penyakit cacar air merupakan salah satu penyakit yang sangat merebak dikalangan masyarakat, khususnya pada anak dengan usia dibawah 15 tahun.

Pada Negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia misalnya, penyakit cacar air pada anak sering muncul di bulan terdingin atau terpanas.

Cacar air merupakan penyakit infeksi serius dengan berbagai komplikasi yang dapat menyebabkan kematian, khususnya pada bayi, si Kecil dengan kondisi gangguan pertahanan tubuh, bahkan orang dewasa.1

Pada dasarnya penyakit cacar air merupakan bagian pertama sebagai akibat dari infeksi virus yang dikenal dengan nama Varicella Zoster Virus (VZV).

Virus ini nantinya akan tetap mendiami sistem saraf pusat. Virus ini umumnya menyerang si Kecil dengan kondisi gangguan pertahanan tubuh. Penularan cacar air sangat mudah. Jalur utamanya adalah melalui percikan saluran nafas.

Tidak hanya itu, cacar air ini juga nantinya dapat menular melalui sebuah sentuhan atau juga kontak langsung dengan cairan dari vesikel (benjolan berisikan cairan jernih) pada pasien yang menderita cacar air.

Nantinya, gejala pada cacar air berupa bintik kecil pada permukaan kulit akan muncul  dalam kurun waktu 14-16 hari sesudah infeksi, walau jangka waktunya bisa mencapai 10-21 hari setelah paparan.

Gejala Cacar Air Pada Anak

Kenali Gejala Cacar Air Pada Anak Dan Obatnya Di Apotik

Gejala awal sebelum cacar air muncul ke permukaan kulit adalah munculnya demam yang berlangsung selama 1-3 hari.

Dalam fase ini anak akan cenderung kehilangan nafsu untuk makan, mengalami sakit kepala, hingga masalah pencernaan yang berlangsung selama kurang lebih dua hari lamanya sebelum akhirnya bintik pada kulit akan muncul.

Tahap awal penyakit cacar air akan menimbulkan rasa yang sangat gatal pada area disekitar kepala dan tubuh.

Kemudian, secara perlahan rasa gatal tersebut akan berubah menjadi bentolan kecil dengan ukuran mencapai 2-4 milimeter sebelum akhirnya bintik ini berubah menjadi cairan jernih yang rapuh (vesikel).

Penyakit ini biasanya akan menyerang area bagian wajah, batang tubuh, lebih sedikit di kaki dan tangan. Pada umumnya ini akan berlangsung selama 8-10 hari dan akan timbul lebih banyak lesi yang baru hingga gejala sudah membaik.

Obat Cacar Air Untuk Anak di Apotik

Kenali Gejala Cacar Air Pada Anak Dan Obatnya Di Apotik

1. Obat Antivirus

Obat anti virus pertama yang ada di apotik yang bisa kamu coba pada adalah dengan memberikan asiklovir (Zovirax, Sitavig) pada anak.

Jenis obat ini dapat membantu meredakan kemerahan yang terjadi akibat penyakit cacar air apabilah diberikan dalam waktu 24 jam setelah ruam pertama kali muncul.

Selain itu, obat antivirus lain, seperti valacyclovir (Valtrex) dan famciclovir,  ternyata dapat juga digunakan untuk mencegah cacar air menjadi lebih parah, namun tergantung kecocokan si anak dengan jenis obat ini.

Dalam beberapa kasus, mungkin disarankan untuk mendapatkan vaksin cacar air dalam waktu tiga hingga lima hari setelah terpapar virus. Ini dapat mencegah penyakit atau mengurangi keparahannya.

2. Obat Pereda Nyeri

Penyakit cacar air memang menimbulkan efek gatal dan juuga ruam merah pada permukaan kulit. Namun tidak hanya sebatas itu saja, efek yang lain juga mungkin saja terjadi, seperti sakit kepala, lemas, letih, nyeri pada otot, hingga demam.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat memberikan anak obat paracetamol yang dikenal sebagai jenis obat yang cukup aman digunakan oleh setiap orang, termasuk ibu hamil sekali pun.

3. Obat Imunoglobulin

Selain beberapa jenis obat diatas, kalian juga dapat memberikan anak obat Imunoglobulin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada anak supaya dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus cacar.

4. Obat Antihistamin

Obat cacar air berikutnya yang tersedia di apotik adalah obat Antihistamin yang mampu membantu mengatasi masalah kulit gatal yang disebabkan oleh timbulnya cacar air. Kalian dapat memililih jenis oabat yang aman, seperti diphenhydramine dan juga Benadryl,untuk mengatasi gatal.

Sebagai obat tambahan, kalian dapat memilih jenis obat Acetaminophen untuk meredakan penyakit demam pada anak.

5. Obat Losion Calamine

Nah, jika kalian mencari jenis obat yang cocok untuk mengatasi masalah kulit gatal yang timbul karena penyakit cacar air, maka kalian dapat mengoleskan losion calamine.

Losion calamine pada umumnya adalah jenis obat oles nonresep di apotek. kandungan seng dioksida atau seng karbonat akan memicu peradangan di kulit.

Komentar